RISKA PRADEWI, 2817123142 (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)PESERTA DIDIK KELAS III MI MIFTAHUL HUDA KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
AWAL.pdf Download (495kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (283kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text
RUJUKAN DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas III MI Miftahul Huda Pakisaji Kalidawir Tulungagung”. Di tulis oleh Riska Pradewi NIM: 2817123142, dibimbing oleh Dr. Eny Setyowati. SPd. MM Kata kunci: make a match, motivasi, hasil belajar, IPA . Peneliti ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) di Madrasah Ibtidaiyah peserta didik banyak mengalami kesulitaln belajar. Realitanya di Madrasah Ibtidaiyah peserta didik sering diberi model pembelajaran konvesional dimana guru yang mendominasi dalam suatu proses pembelajaran. Dengan model tersebut peserta didik menjadi kurang mandiri dan pasif, sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik . Menyikapi masalh tersebut perlu dikembangkan metode pembelajaran yang tepat dan efrektif. Make a Match lebih aktif , menarik dan menyenangkan diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas III di MI Miftahul Huda Pakisaji Kalidawir Tulungagung pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA)Pada pokok bahasan Benda dan Sifatnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana Penerapan metode Make a Match dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) pokok bahasan benda dan sifatnya peserta didik kelas III MI Miftahul Huda Pakisaji Kalidawir Tulungagung ?; 2) Bagaimana penerapan metode Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) pokok bahasan benda dan sifatnya peseta didik kelas III MI Miftahul Huda Pakisaji Kalidawir Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk menjelaskan penerapan metode Make a Match dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) pokok bahasan benda dan sifatnya peseta didik kelas III MI Miftahul Huda Pakisaji Kalidawir Tulungagung ; 2) Untuk menjelaskan penerapan metode Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) pokok bahasan benda dan sifatnya peseta didik kelas III MI Miftahul Huda Pakisaji Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas ( PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan ( planning), pelaksanaan tindakan ( acting) , observasi ( observing) , dan refleksi ( reflecting). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan . dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan ; observasi , catatan lapangan ,wawancara , tes, angket dan dokumentasi . tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar peserta didik kelas III pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA). Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui motivasi peserta didik dan Observasi , catatan lapangan dan wawancara digunakan untuk mengamati respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan penerapan metode pembelajaran make a match, keadaan peserta didik maupun keadaan guru. Dokumentasi yang digunakan untuk mengumpulkan data dengan melihat laporan yang sudah tersedia termasuk dokumentasi tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 70. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Motivasi peserta didik meningkat dari yang tadinya malas – malasan belajar mereka menjadi semangat hal ini dibuktikan dengan dari angket peserta didik dari 21 peserta didik hanya satu yang menjawab dia merasa kurang semangat hal ini dipengaruhi dari karakter peserta didik yang malas belajar. 2) Hasil belajar peserta didik meningkat. Pada tes awal ( pre test ) nilai rata – rata hanya 60,33 dengan proentase ketuntasan belajar 42,85% , nilai rata – rata peserta didik mengalami peningkatan menjadi 71,28 pada tes formatif siklus I, dengan prosentase ketuntasan belajar 66,66%,pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai rata – rata 80,38 dengan prosentase ketuntasan belajar 85,71.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123142 RISKA PRADWI |
Date Deposited: | 26 Jan 2017 02:55 |
Last Modified: | 26 Jan 2017 02:55 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4692 |
Actions (login required)
View Item |