PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD MATH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALJABAR KELAS VII MTSN 3 BLITAR

KARTIKA DELLA TRIYUNITA, 126204202098 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS END ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD MATH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALJABAR KELAS VII MTSN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (396kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep siswa terhadap pembelajaran matematika yang masih rendah. Materi pembelajaran matematika dianggap sulit untuk dipahami peserta didik sehingga hasil dari pembelajaran matematika belum maksimal. Serta, strategi pembelajaran matematika yang masih monoton. Hal ini, menyebabkan siswa merasa bosan, tidak tertarik, dan kurang aktif dalam pembelajaran. Sehingga, berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa. Salah satu upaya pengaruh terhadap hasil belajar adalah pemilihan model pembelajaran Means End Analysis (MEA) berbantuan media Flash Card Math. Suherman berpendapat bahwa model pembelajaran MEA menerapkan model pembelajaran variasi antara metode pemecahan masalah dengan materi pada pendekatan berbasis heuristik, menjabarkan suatu masalah menjadi sub-sub tujuan sehingga terjadi konektivitas. Serta berbantuan media Flash Card Math yang bisa membantu meningkatkan semangat siswa dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan media Flash card math terhadap hasil belajar siswa materi aljabar kelas VII MTs Negeri 3 Blitar. 2) Mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan media Flash card math terhadap hasil belajar siswa materi aljabar kelas VII MTs Negeri 3 Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi experimental dengan desain nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 3 Blitar. Sampel yang diambil adalah kelas VII E dengan 33 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VII F dengan 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis dengan uji t dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh model pembelajaran Means End Analysis (MEA) berbantuan media Flash Card Math terhadap hasil belajar siswa materi aljabar kelas VII MTsN 3 Blitar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) Besar pengaruh model pembelajaran Means End Analysis (MEA) berbantuan media Flash Card Math terhadap hasil belajar siswa materi aljabar kelas VII MTsN 3 Blitar adalah 21,07% dengan kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202098 KARTIKA DELLA TRIYUNITA
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:19
Last Modified: 11 Jun 2024 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47007

Actions (login required)

View Item View Item