PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 BLITAR

MUTMAINAH, 1880505220002 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 BLITAR. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (558kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan judul “ Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Blitar” ini ditulis oleh Mutmainah NIM 1880505220002 dengan pembimbing Prof. Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I dan Dr. Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif, Matematika, Augmented Reality. Teknologi yang menjadi sebuah trand pada saat ini menjadikan semua manusia harus mulai dipaksa untuk mengikuti perkembangan zaman. Era Derupsi ini menggunakan system tatap muka maka harus bertransformasi ke dunia digital yang hanya bisa menggunakan layanan jaringan. Sebagaimana dalam dunia pendidikanpun harus bisa untuk memadukan antara teknologi dengan pembelajaran sehingga dapat memberikan sebuah pembelajaran yang modern khusunya dalam pembelajaran matematika. Hasil dari fakta di lapangan dan penelitian sebelumnya bahwa banyaknya peserta didik yang masih kesulitan dalam menghafalkan rumus dan banyak juga yang masih bingung dalam penentuan hitungan pada sebuah soal, dikarenakan belum memiliki metode yang pas dalam menyampaikan pembelajaran peserta didik untuk tetap menyukai mata pelajaran matematika. Media Pembelajaran berbasis interaktif Augmented Reality merupakan sebuah media yang berbentuk aplikasi dengan menggabungkan dunia nyata dan dunia maya dalam bentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang diproyeksikan dalam sebuah lingkungan nyata dalam waktu yang bersamaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis desain model media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V, (2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V (3) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Blitar. Peneliti menggunakan metode Researc and Development (R&D) hasil adaptasi dari ADDIE yang memiliki kepanjangan analyze, design, development, implementation, dan evaluation dengan jenis penelitian menghasilkan sebuah produk media pembelajaran interaktif volume kubus dan balok AR dalam bentuk aplikasi copy link dari assemblr.edu dan Quizizz. Hasil penelitian dan pengembangan pada penelitian ini yaitu (1) Produk berupa media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality dengan menggunakan tiga dimensi pada medianya. (2) kelayakan produk dan materi yang mendapatkan rata-rata 91,3 % yang dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan di lapangan. (3) hasil efektifitas dengan uji t (Independent Sample T-test) diperoleh nilai sig. (2-tailed) < sig level (0,001<0,005). Data ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif volume kubus dan balok AR. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran matematika siswa kelas V di MI Negeri 4 Blitar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1880505220002 MUTMAINAH
Date Deposited: 14 Jun 2024 03:17
Last Modified: 14 Jun 2024 03:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47109

Actions (login required)

View Item View Item