PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN (POE) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X DI SMAN 1 NGUNUT

ALFIANA EKA RAKHMAWATI, 126212202042 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN (POE) TERHADAP SELF EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X DI SMAN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER .pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) Terhadap Self Efficacy dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hukum Dasar Kimia Kelas X di SMAN 1 Ngunut” ini ditulis oleh Alfiana Eka Rakhmawati, NIM. 126212202042, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE), Self Efficacy, Hasil Belajar, Hukum Dasar Kimia Kimia merupakan pelajaran yang dianggap sulit dan kurang menarik bagi siswa. Salah satu materi yang dianggap sulit adalah materi hukum dasar kimia. Penerapan model pembelajaran konvensional mengakibatkan siswa kurang berpartisipasi aktif saat proses pembelajaran sehingga dapat mempengaruhi self efficacy dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif saat proses pembelajaran. Predict, Observe, and Explain (POE) merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif saat proses pembelajaran, dengan model pembelajaran Predict, Observe, and Explain (POE) siswa diajak untuk memprediksi, mengamati, dan menjelaskan hasil praktikum yang telah dilaksanakan. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran POE terhadap self efficacy pada materi hukum dasar kimia kelas X di SMAN 1 Ngunut, 2) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia kelas X di SMAN 1 Ngunut, 3) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran POE terhadap self efficacy dan hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia kelas X di SMAN 1 Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimental jenis eksperimen semu (quasi eksperiment), dan dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Ngunut, sedangkan sampelnya ialah kelas X-E sebagai kelas eksperimen dan kelas X-F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampelnya ialah purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket digunakan untuk mengukur self efficacy siswa yang berjumlah 30 item pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 0,717 dan soal tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa yang berjumlah 15 item pertanyaan pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid dan reliabel dengan nilai reliabilitas sebesar 0,889 dengan kategori reliabel. Analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), dan uji hipotesis (uji independent sample t-test dan uji manova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap self efficacy dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, 2) terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, dan 3) terdapat pengaruh model pembelajaran POE terhadap self efficacy dan hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia kelas X di SMAN 1 Ngunut dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212202042 ALFIANA EKA RAKHMAWATI
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:51
Last Modified: 19 Jun 2024 07:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47223

Actions (login required)

View Item View Item