Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri terhadap Pemahaman Konsep Mencari Luas Segitiga pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016

Nur ‟Azizatul Farida, 2814123126 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri terhadap Pemahaman Konsep Mencari Luas Segitiga pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol Tahun Ajaran 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (367kB)
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di tingkat Sekolah Menengah Pertama diharapkan dapat menjadi wadah bagi siswa-siswimenjadi percaya diri dan berfikir lebih kritis.Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan pembelajaran yang monoton dengan satu sumber, yakni seorang guru.Gaya pengajaran yang hanya terpaku pada pendidik membuat mereka hanya mengandalkan informasi dari pendidik.Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh seorang pendidik adalah model pembelajaran inquiri, pembelajaran berpusat pada peserta didik dan pemahaman mereka muncul dari pemikiran mereka sendiri.Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran inquiri berangkat dari sebuah pertanyaan yang dimunculkan oleh peserta didik sendiri dan menentukan dugaan awal yang mungkin terjadi dari permasalahan yang dimunculkan.Peneliti ini menggunakan model pembelajaran inquiri untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dari siswa dan mereka secara aktif mencarai sendiri informasi yang dibutuhkan. Tujuan penelitian adalah : (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inquiri di dalam kelas dalam meteri mencari luas segitiga siku-siku di SMPN 1 Sumbergempol. (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiri terhadap pemahaman siswa kelas VII mencari luas segitiga siku-siku. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian experimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, teknik pengambilan data dilakukan secara random (acak) sampelnya adalah kelas VII I dan kelas VII J. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian post tes, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Uji yang digunakan adalah uji-t Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiri berpengaruh pada pemahaman siswa mencari luas segitiga siku-siku. Proses penerapan model pembelajaran inquiri adalah sebagai berikut:menyiapkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKS, media, melakukan latihan, pembagian post tes, menyimpulkan. Hasil post tes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yakni dengan rata-rata 79,19 dengan 55,27. Setelah melakukan uji hipotesis dengan uji manual dihasilkan thitung = 12,204 rtabel = 1,992 dan dengan bantuan SPSS 16.0 for windows diperoleh thitung=12,379ttabel=1,992 sehingga tolak Ho terima Ha yang menyatakan “ada pengaruh antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquiri terhadap pemahaman konsep mencari luas segitiga siku-siku siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123126 NUR ‘AZIZATUL FARIDA
Date Deposited: 30 Jan 2017 06:56
Last Modified: 30 Jan 2017 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4724

Actions (login required)

View Item View Item