ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI APOS DALAM MEMPELAJARI MATERI FUNGSI KUADRAT BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA DI KELAS X MAN 3 NGANJUK

MOH. FATCHUL MUNIR, 12204183094 (2023) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MENGGUNAKAN TEORI APOS DALAM MEMPELAJARI MATERI FUNGSI KUADRAT BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA DI KELAS X MAN 3 NGANJUK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (737kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (394kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (343kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Analisis Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Teori Apos Dalam Mempelajari Materi Fungsi Kuadrat Berdasarkan Kemampuan Awal Siswa Di Kelas X Man 3 Nganjuk” ditulis oleh Moh. Fatchul Munir. NIM. 12204183094, Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Teori Apos, Fungsi Kuadrat Pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan penguasaan materi dan kemampuan siswa dalam memahami, menyerap, menguasai, hingga mengaplikasikannya dalam pembelajaran matematika. Konsep matematika, termasuk konsep fungsi kuadrat dapat dikonstruksi dengan menggunakan teori APOS. Oleh karena itu, teori APOS hadir sebagai upaya untuk memahami mekanisme abstraksi reflektif yang diperkenalkan oleh Piaget untuk menggambarkan perkembangan berpikir logis anak, dan memperluas ide guna konsep-konsep matematika lanjut. Karena materi fungsi kuadrat tidak lepas dari adanya grafik, maka peneliti menggunakan kemampuan awal untuk membantu siswa dalam memahami konsep dari fungsi kuadrat. Tujuan dari penelitian ini adalah ntuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika siswa berkemampuan tinggi menggunakan teori APOS berdasarkan kemampuan awal pada kelas X MAN 3 Nganjuk, untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika siswa berkemampuan sedang menggunakan teori APOS berdasarkan kemampuan awal pada kelas X MAN 3 Nganjuk, dan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep matematika siswa berkemampuan rendah menggunakan teori APOS berdasarkan kemampuan awal pada kelas X MAN 3 Nganjuk. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di MAN 3 Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes dan wawancara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menetapkan enam subjek penelitian berdasarkan kemampuan awal yakni hasil nilai UTS siswa kelas XMIPA 2 MAN 3 Nganjuk semester ganjil. Ke enam subjek penelitian ini terdiri dari 2 subjek berkemampuan tinggi, 2 subjek berkemampuan sedang dan 2 subjek berkemampuan rendah. Setelah menetapkan enam subjek tersebut peneliti Melakukan tes masalah fungsi kuadrat dengan berdasarkan kemampuan awal. Peneliti juga melakukan wawancara terhadap ke enam subjek tersebut yang dilakukan setelah subjek melaksanakan tes. Kemudian peneliti menganalisis menggunakan teori APOS. Hasil penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa berkemampuan tinggi mencapai seluruh tahapan APOS dalam menyelesaikan masalah fungsi kuadrat; pemahaman konsep siswa berkemampuan sedang mencapai tahapan aksi, namun belum mencapai tahapan proses, objek dan skema; dan Pemahaman konsep siswa berkemampuan rendah belum mencapai seluruh tahapan APOS dalam menyelesaikan masalah fungsi kuadrat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika > Geometri
Matematika > Masalah Matermatika
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183094 MOH. FATCHUL MUNIR
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:31
Last Modified: 04 Jul 2024 04:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47487

Actions (login required)

View Item View Item