KAJIAN ETNOFISIKA TARI LENGGANG KENCANA DI SANGGAR TARI KEMBANG SORE TULUNGAGUNG DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK DAN GAYA

SITI MAULIDIYAH ZAMROTIN, 126211201028 (2024) KAJIAN ETNOFISIKA TARI LENGGANG KENCANA DI SANGGAR TARI KEMBANG SORE TULUNGAGUNG DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK DAN GAYA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (646kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Kajian Etnofisika Tari Lenggang Kencana di Sanggar Tari Kembang Sore Tulungagung dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak dan Gaya” ini ditulis oleh Siti Maulidiyah Zamrotin, NIM. 126211201028, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata kunci: Etnofisika, Tari Lenggang Kencana, Pembelajaran Fisika, Gerak dan Gaya. Pendidikan dan budaya memainkan peran penting dalam membangun nilai-nilai nasional yang berdampak pada pembentukan karakter. Secara umum, masalah yang sedang dihadapi oleh pembelajaran fisika hampir sama dengan matematika yang terlalu formal, teoritis, dan kurang variatif. Hal ini menyebabkan siswa merasa tidak tertarik dengan pelajaran fisika dan menganggapnya sebagai sesuatu yang membosankan dan sulit. Persepsi yang tidak positif mempengaruhi hasil belajar yang buruk secara tidak langsung. Pembelajaran fisika di sekolah sebagian besar berpusat pada materi yang diajarkan dalam buku. Tidak banyak pembelajaran fisika yang benar-benar menjelaskan dan menerapkan realitas budaya di sekitar siswa. Konten materi yang diajarkan belum sepenuhnya mengintegrasikan dengan budaya. Berkaca dari kondisi ini, pendekatan pembelajaran etnofisika harus dikembangkan. Salah satu budaya yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran yakni tari Lenggang Kencana. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konsep fisika materi gerak dan gaya pada tari Lenggang Kencana (2) mengetahui cara penerapan tari Lenggang Kencana dalam pembelajaran fisika pada materi gerak dan gaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnofisika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terhadap tari Lenggang Kencana, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap pemilik sanggar tari Kembang Sore Tulungagung, pelatih tari, penari, dan beberapa guru fisika. Dalam menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi data. Peneliti mengecek keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat beberapa konsep fisika gerak dan gaya pada tari Lenggang Kencana, diantaranya gerak lurus beraturan, gerak lurus berubah beraturan, gerak melingkar, gaya gesek, dan hukum I Newton (2) tari Lenggang Kencana dapat dijadikan sumber pembelajaran fisika pada materi gerak dan gaya berupa praktik secara langsung, video pembelajaran, dan juga dapat diterapkan dalam kegiatan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan tema kearifan lokal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Sosiologi Agama > Budaya
Pendidikan > Sumber Belajar
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201028 SITI MAULIDIYAH ZAMROTIN
Date Deposited: 27 Jun 2024 06:46
Last Modified: 27 Jun 2024 06:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47656

Actions (login required)

View Item View Item