تعليم المفردات العربية في أنشطة صباح اللغة بطريقة التكرار بمعهد جامعة سيد علي رمحة الله الإسلامية الحكومية تولونج أجونج للعام الدراسي 2023 – 2024م

ISMA YUNIA SARI, 126202201008 (2024) تعليم المفردات العربية في أنشطة صباح اللغة بطريقة التكرار بمعهد جامعة سيد علي رمحة الله الإسلامية الحكومية تولونج أجونج للعام الدراسي 2023 – 2024م. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (882kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul, “Pembelajaran Kosakata Arab pada Kegiatan Shobahul Lughoh dengan Menggunakan Metode Drill di Ma’had Al-Jami’ah UIN Satu Tulungagung Tahun Ajaran 2023-2024 M” ini ditulis oleh Isma Yunia Sari, NIM. 126202201008, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ahmad Fikri Amrullah, M. Pd.I. Kata Kunci: Metode Drill, Pembelajaran Kosakata Arab. Kosakata merupakan salah satu elemen yang harus diserap oleh mahasantri guna menguasai keterampilan bahasa Arab. Kosakata merupakan tuntutan dan dasar dalam pembelajaran bahasa asing. Penguasaan kosakata yang sempurna ini dapat kita kuasai dengan cepat dan mudah apabila dalam proses pembelajaran bahasa khususnya bahasa Arab, menggunakan metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan dalam proses pembelajaran. Metode drill merupakan metode pembelajaran yang diterapkan di Ma’had al-Jami’ah dalam kegiatan shobahul lughoh. Metode drill/latihan yaitu suatu cara mengajar dimana mahasantri melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar mahasantri memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Rumusan Masalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran mufrodat pada kegiatan shobahul lughoh dengan metode drill? (2) Apa saja kelebihan dan kekurangan pembelajaran mufrodat pada kegiatan shobahul lughoh dengan metode drill? (3) Bagaimana pengaruh pembelajaran mufrodat pada kegiatan shobahul lughoh dengan metode drill? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran mufrodat pada kegiatan shobahul lughoh dengan menggunakan metode drill (2) Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan pembelajaran mufrodat pada kegiatan shobahul lughoh dengan menggunakan metode drill (3) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mufrodat pada kegiatan shobahul lughoh dengan menggunakan metode drill. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif, peneliti melakukan teknik pengumpulan data melalui kegiatan wawancara, observasi serta dokumentasi. Sumber data dalam penelitain ini adalah guru dan mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Hasil penelitian: (1) Proses pembelajaran mufrodat pada kegiatan shobahul lughoh berjalan dengan urut dimulai dengan tahap a) Kegiatan pendahuluan yaitu salam, menanyakan kabar dan berdoa, kemudian mengulangi pelajaran kemarin dan pengajar memeriksa kehadiran mahasantri b) Kegiatan inti yaitu siswa menyimak dan guru membacakan materi mufrodat satu per satu dengan baik dan benar sebanyak 2 sampai 3 kali, kemudian siswa mengikuti bacaan mufrodat yang telah dicontohkan oleh guru dengan benar. Kegiatan selanjutnya mahasantri membaca materi mufrodat bersama-sama sebanyak dua samapi tiga kali, disamping itu guru mengamati dan membenarkan bacaan mahasantri yang kurang benar c) Kegiatan penutup yaitu guru mengakhiri pembelajaran dengan salam dan doa. Sebelum mahasantri kembali ke kamar masing-masing, guru memerintahkan mahasantriuntuk menyetorkan hafalan mufrodat yang telah diajarkan dengan baik dan benar. (2) Disamping itu metode ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri a) Kelebihan tersebut diantaranya; memudahkan mahasantri memahami mufrodat, siswa mengetahui letak kesalahan mereka, mahasantri menjadi mudah menghafal mufrodat b) Sedangkan kekurangan yang dimiliki metode ini adalah; membuat mahasantri cepat bosan dan menyita waktu. (3) Selain itu, penerapan metode drill ini juga memberikan pengaruh yang besar kepada mahasantri, utamanya mereka dapat menguasai keterampilan bahasa Arab. Pengaruh yang diberikan meliputi: mahasantri menjadi lebih familiar dengan mufrodat, mahasantri dapat menganalisis mufrodat sehingga mendapatkan pelafalan yang tepat, mahasantri dapat membenarkan pelafalan yang kurang tepat, mahasantri dapat menulis dan membuat kalimat sederhana, mahasantri dapat menghafalkan mufrodat dengan mudah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202201008 ISMA YUNIA SARI
Date Deposited: 01 Jul 2024 02:26
Last Modified: 01 Jul 2024 02:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47677

Actions (login required)

View Item View Item