PENGARUH METODE PEER TEACHING BERBANTU MEDIA E-MODUL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII MTs PSM TANEN REJOTANGAN

RISKY INDAH YULIASARI, 126208201025 (2024) PENGARUH METODE PEER TEACHING BERBANTU MEDIA E-MODUL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI KELAS VII MTs PSM TANEN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (889kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep materi Klasifikasi Makhluk Hidup yang rumit karena memiliki banyak cabang klasifikasi. Pendidik yang cenderung memberikan materi dengan metode ceramah menyebabkan proses pembelajaran berlangsung kurang variatif. Hal tersebut akan berdampak pada rendahnya pemahaman dan sikap ilmiah siswa dalam belajar sehingga akan mempengaruhi keaktifannya dalam kelas. Peran pendidik dalam kelas diharapkan mampu mengembangkan keterampilan dalam menerapkan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga pemahaman konsep dan sikap imiah siswa dapat berkembang lebih optimal. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Menganalisis pengaruh metode peer teaching berbantu media e-modul terhadap pemahaman konsep siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan. 2) Menganalisis pengaruh metode peer teaching berbantu media e-modul terhadap sikap ilmiah siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan. 3) Menganalisis pengaruh metode peer teaching berbantu media e-modul terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup di kelas VII MTs PSM Tanen Rejotangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah eksperimen semu atau quasi experimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi. Lembar observasi digunakan untuk memperoleh data sikap ilmiah siswa. Tes digunakan untuk memperoleh data pemahaman konsep siswa. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan uji independen sampel T-test, Uji Manova dan Effect size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode peer teaching berbantu media e-modul terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi Klasifikasi Makhuk Hidup. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test menggunakan Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode peer teaching berbantu media e-modul terhadap sikap ilmiah siswa kelas VII pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Hal ini berdasarkan hasil uji t-test menggunakan nilai Gain yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,015. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,015 < 0,05 maka H0 ditolak dan H2 diterima. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan metode peer teaching berbantu media e-modul terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa kelas VII pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup.. Hal ini berdasarkan hasil uji manova menggunakan nilai Gain dari lembar soal pretest dan posttest serta lembar observasi yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dan 0,015. Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 dan 0,015 < 0,05, maka H0 ditolak dan H3 diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201025 RISKY INDAH YULIASARI
Date Deposited: 01 Jul 2024 04:12
Last Modified: 01 Jul 2024 04:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47731

Actions (login required)

View Item View Item