KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX-C SMPN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG

IRA FARADINA, 17204163121 (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX-C SMPN 1 BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi SPLDV Berdasarkan Minat Belajar Siswa Kelas IX-C SMPN 1 Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ira Faradina, NIM. 17204163121, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Nur Cholis S. Pd., M.Pd. Kata kunci: Berpikir Reflectif, Minat Belajar Siswa, Masalah Matematika Kemampuan berpikir yang dimiliki setiap siswa tentunya berbeda-beda. Untuk memperoleh dan mengolah informasi tentang pengetahuan kemampuan berpikir yang digunakanpun berbeda-beda, diantaranya yaitu kemampuan berpikir reflektif. Setiap siswa memiliki minat belajar yang berbeda-beda pula, tingkatan minat belajar dibedakan menjadi tiga yaitu minat belajar tinggi, sedang, dan rendah. Dalam hal ini perlu adanya penelitian terkait kemampuan berpikir reflektif yang dimiliki oleh siswa dengan minat belajar yang dimilikinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV dengan siswa minat belajar tinggi, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV dengan siswa minat belajar sedang, (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif dalam memecahkan masalah matematika pada materi SPLDV dengan siswa minat belajar rendah di kelas IX C SMPN 1 Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 3 (tiga) siswa kelas IX-C SMPN 1 Bandung tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar, tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: a) siswa dengan minat belajar tinggi mempunyai kemampuan berpikir reflektif yang tinggi karena mampu memenuhi semua fase berpikir reflektif yaitu fase reacting, comparing, dan contemplating pada setiap jawaban, b) siswa dengan minat belajar sedang memiliki kemampuan berpikir reflektif yang sedang karena hanya mampu memenuhi dua fase berpikir reflektif yaitu fase reacting dan comparing pada setiap jawaban, c) siswa dengan minat belajar rendah memiliki kemampuan berpikir reflektif yang rendah karena hanya mampu memenuhi semua satu fase berpikir reflektif yaitu fase reacting pada setiap jawaban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Minat Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163121 IRA FARADINA
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:23
Last Modified: 28 Jun 2024 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47751

Actions (login required)

View Item View Item