IMPLEMENTASI HAK KONSTITUSIONAL PEKERJA PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Kasus di Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang Tulungagung)

ALIF AL FITRAH RAMADHANI, 12103193143 (2024) IMPLEMENTASI HAK KONSTITUSIONAL PEKERJA PEREMPUAN DALAM PERSPEKTIF SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Kasus di Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (909kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Alif AL Fitrah Ramadhani, 12103193143, Implementasi Hak Konstitusional Pekerja Perempuan dalam Perspektif Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus di Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang Tulungagung) Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syari’ah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Dr. Hj. Nur Fadhilah, M.H. Kata Kunci: hak konstitusional, pekerja perempuan, siyasah dusturiyah Penelitian ini dilatarbelakangi jumlah pekerja perempuan yang lebih dominan dibandingkan pekerja laki-laki di Pabrik Gipang Panda Mas. Pekerja perempuan mempunyai hak konstitusional khususnya berkaitan dengan fungsi reproduksi. Implementasi hak konstitusional pekerja perempuan menjadi isu yang menarik untuk dikaji menggunakan perspektif siyasah dusturiyah. Rumusan penelitian adalah: 1) ⁠Bagaimana implementasi hak konstitusional pekerja perempuan pada Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang Tulungagung? 2.) ⁠Bagaimana implementasi hak konstitusional pekerja Perempuan pada Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang Tulungagung dalam perspektif siyasah dusturiyah? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi hak konstitusional pekerja perempuan Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang Tulungagung. 2) Menganalisis implementasi hak konstitusional pekerja perempuan pada Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang Tulungagung dalam perspektif siyasah dusturiyah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan tringulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi hak konstitusi pekerja perempuan di Pabrik Gipang Panda Mas Plosokandang berkaitan dengan pengupahan dan fungsi reproduksi. Pengupahan pekerja perempuan dilakukan sesuai dengan prosedur dan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah dengan memperhatikan prinsip kesetaraan dalam pembayaran. Jaminan Kesehatan juga diberikan melalui BPJS sejak awal bekerja. Berkaitan dengan fungsi reproduksi pekerja perempuan, Pabrik memberikan kemudahan dalam proses pengajuan cuti hamil dan izin sakit. Pabrik juga memberikan perlindungan kepada pekerja perempuan dari pelecehan dan diskriminasi. 2) Dalam perspektif fiqih dusturiyah, implementasi hak konstitusional pekerja perempuan sejalan dengan prinsip ‘adl dan prinsip ihsan dalam Surat al Nahl ayat 90. Pengupahan bagi pekerja perempuan dilaksanakan dengan mempertimbangkan prinsip keadilan dan kesetaraan tanpa membedakan upah antara pekerja perempuan dan pekerja laki-laki. Selain itu, Pabrik juga memberikan kesempatan kepada perempuan untuk menjalankan fungsi reproduksi dengan berdasarkan prinsip keadilan dan kepatutan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193143 ALIF AL FITRAH RAMADHANI
Date Deposited: 04 Jul 2024 03:59
Last Modified: 04 Jul 2024 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47752

Actions (login required)

View Item View Item