STRATEGI PEMBIASAAN KEDISIPLINAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

HABIBAH UMAMI, 2811123094 (2017) STRATEGI PEMBIASAAN KEDISIPLINAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (498kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung”, ditulis oleh Habibah Umami, NIM. 2811123094, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Dosen Pembimbing: Dra.Hj. Retno Indayati, M.Si Kata kunci : strategi pembiasaan kedisiplinan Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan kemampuan bersama sumber daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik. Bila dikaitkan dengan dunia pendidikan. Secara umum strategi merupakan suatu garis-garis haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Dihubungkan dengan proses pembiasaan kedisiplinan, kedisiplinan merupakan proses yang tepat menuju pembentukan karakter yang baik, serta dirasa pula sebagai pencipta dan pelestarian keadaan yang penting terhadap kemajuan yang ada dalam pendidikan maupun lembaga sekolah. Pendidik beserta stake holders dalam membimbing maupun membina peserta didik harus memiliki strategi yang tepat karena dengan adanya strategi maka akan mencapai tujuan yang telah digariskan. Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang “Strategi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” dan masalah yang diteliti adalah: 1.Bagaimana Formulasi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? 2.Bagaimana Pelaksanaan Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? 3.Bagaimana Evaluasi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung? Adapun tujuannya adalah 1. Untuk mengetahui Formulasi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung 2. Untuk mengetahui Pelaksanaan Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung 3. Untuk mengatahui Evaluasi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan data atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Formulasi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung : (a) Pembuatan peraturan dan tata tertib yang bersumber dari kurikulum berkarakter serta keteladanan karakter nabi Muhammad SAW yang kemudian di terapkan untuk peserta didik. (b) Penciptaan bi’ah di sekolahan yang saling mendukung dari keseluruhan stake holders untuk mewujudkan pembiasaan kedisiplinan dalam pembentukan karakter peserta didik. 2. Pelaksanaan Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung : (a) Para pendidik memberikan keteladanan secara langsung terutama dalam hal adab, sehingga karakter baikpun akan dapat tercontohkan kepada peserta didiknya. (b) Para pendidik menanamkan pembiasaan-pembiasaan positif serta kedisiplinan-kedisiplinan terutama dalam hal ibadah serta keseharian yang baik kepada peserta didiknya. (c) Para pendidik memberikan hukuman kepada peserta didik yang yang melanggar aturan dengan hukuman yang mendukung pembentukan karakter peserta didik yang bagus. (d) Terjalinnya hubungan komunikasi antara pihak sekolah dengan para orang tua peserta didik sehingga perkembangan peserta didik dapat terpantau dengan baik, baik di sekolah, maupun diluar sekolah. 3. Evaluasi Pembiasaan Kedisiplinan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung : (a) Dalam evaluasi, sekolah mengadakan workshop baik yang berlaku untuk siswa, pendidik maupun untuk orang tua peserta didik. (b) Adanya perubahan sistem peraturan dan tata tertib yang selalu moving atas kesepakatan bersama untuk mewujudkan semuanya menjadi lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123094 HABIBAH UMAMI
Date Deposited: 08 Feb 2017 05:00
Last Modified: 08 Feb 2017 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item