KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII B MTs SULTAN AGUNG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

DESI PUTRI WULANDARI, 2814123055 (2017) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIMPUNAN PADA SISWA KELAS VII B MTs SULTAN AGUNG SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Desi Putri. 2814123055. 2016. Kemampuan komunikasi matematis dalam menyelesaikan soal himpunan pada siswa kelas VII B MTs Sultan Agung Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institus Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Maryono, M.Pd. Kata kunci: Komunikasi Matematis, Menyelesaikan Soal, Himpunan Penelitian dalam skripsi ini di latarbelakangi oleh sebuah fenomena kurangnya pemahaman siswa untuk mengkonstruksikan pengetahuannya, sehingga siswa kurang mampu mengkomunikasikan ide-ide matematisnya secara lisan maupun tulisan dan menyebabkan siswa kurang mampu dalam memahami permasalahan yang ada pada soal. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan pendidikan pada permendikbud No. 22 tahun 2006 yang menjelaskan bahwa pendidikan matematika bertujuan agar siswa dapat mengkomunikasikan gagasan simbol, tabel, atau diagram untuk memperjelas keadaan atau masalah. Sehingga komunikasi dalam pembelajaran matematika perlu diberikan agar siswa dapat menyampaikan ide secara lisan dan tulisan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal himpunan kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung tahun ajaran 2015/2016; (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal himpunan kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung tahun ajaran 2015/2016; (3) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal himpunan kelas VII MTs Sultan Agung Jabalsari Tulungagung. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan wawancara. Pelaksanaan tes ini diikuti oleh 17 siswa dari 18 siswa dengan 4 butir soal yang sudah sesuai dengan indikator komunikasi matematis yang digunakan. Hasil tes tersebut selanjutnya diidentifikasi dan digolongkan menurut tingkat kemampuan matematika siswa. Kemudian dipilih 6 siswa yang terdiri 2 siswa yang berkemampuan tinggi, 2 siswa yang berkemampuan sedang dan 2 siswa berkemampuan rendah guna untuk pelaksanaan wawancara. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian di kelas VII B MTs Sultan Agung, diketahui kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal himpunan, memenuhi semua komponen standar komunikasi yang dicetuskan oleh NCTM (National Council Of Teacher Of Mathematics), yaitu: (1) Mengatur dan mengkonsolidasikan pemikiran-pemikiran matematis (mathematical thinking) mereka melalui komunikasi; (2) Mengkomunikasikan mathematical thinking mereka secara koheren (tersusun secara logis) dan jelas kepada teman-temannya, guru dan orang lain; (3) Menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematis (mathematical thinking) dan strategi yang dipakai orang lain; (4) Menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara benar. Sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan sedang dalam menyelesaikan soal himpunan, memenuhi semua komponen standar komunikasi yang dicetuskan oleh NCTM (National Council Of Teacher Of Mathematics), yaitu: (1) Mengatur dan mengkonsolidasikan pemikiran-pemikiran matematis (mathematical thinking) mereka melalui komunikasi; (2) Mengkomunikasikan mathematical thinking mereka secara koheren (tersusun secara logis) dan jelas kepada teman-temannya, guru dan orang lain; (3) Menganalisis dan mengevaluasi pemikiran matematis (mathematical thinking) dan strategi yang dipakai orang lain; (4) Menggunakan bahasa matematika untuk mengekspresikan ide-ide matematika secara benar. Adapun kemampuan komunikasi matematis siswa berkemampuan rendah dalam menyelesaikan soal himpunan, memenuhi 2 komponen standar komunikasi yang dicetuskan oleh NCTM (National Council Of Teacher Of Mathematics), yaitu: (1) Mengatur dan mengkonsolidasikan pemikiran-pemikiran matematis (mathematical thinking) mereka melalui komunikasi; (2) Mengkomunikasikan mathematical thinking mereka secara koheren (tersusun secara logis) dan jelas kepada teman-temannya, guru dan orang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123055 DESI PUTRI WULANDARI
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:17
Last Modified: 09 Feb 2017 04:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4796

Actions (login required)

View Item View Item