ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR

IBTIDATUL AROFAH AZZAHRO, 126209202073 (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTS AL-MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Arofah Azzahro, Ibtidatul. NIM. 126209202073. 2024. Analisis Gaya Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Skripsi. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci: Gaya Belajar, Pembelajaran IPS Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya gaya belajar dalam kegiatan belajar mengajar. Gaya belajar pada umumnya dibagi menjadi tiga yaitu gaya belajar visual, gaya belajar audiotorial, dan gaya belajar kinestetik. Namun, dari ketiga gaya belajar teserbut hanya satu yang gaya belajar yang mendominasi pada setiap individu. Ketiga gaya belajar tersebut mempunyai peranan penting dan bisa di katakan sebagai faktor penentu dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Dalam hal ini peneliti ingin mengetahui gaya belajar siswa yang terdiri gaya belajar visual, gaya belajar audiotorial dan gaya belajar kinestetik pada pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gaya belajar visual siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (2) Bagaimanakah gaya belajar audiotori siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? (3) Bagaimanakah gaya belajar kinestetik siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang di laksanakan di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian subyek dalam penelitian dilakukan dengan cara purposive. Adapun dalam teknik analisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar bahwa: (1) Peserta didik yang memiliki kecenderungan pada gaya belajar visual pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar sebanyak 14 siswa. Pelaksanaan belajarnya lebih senang dalam kegiatan membaca dari pada menulis, dalam hal membaca lebih suka membaca sendiri daripada dibacakan orang lain, mengingat apa yang dilihat, tidak mudah terpengaruh oleh suara berisik, pembaca yang cepat, tekun, teliti, rinci, rapi dan ditanya menjawab dengan jawaban singkat. (2) Peserta didik yang memiliki kecenderungan pada gaya belajar audiotorial pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar sebanyak 7 siswa. Pelaksanaan belajarnya lebih menyukai belajar berkelompok atau berdiskusi, suka berbicara daripada menulis, mudah terganggu oleh keributan atau suara berisik, ketika membaca dengan suara yang keras dan menggerakkan bibir sesuai dengan tulisan yang dibacanya. (3) Peserta didik yang memiliki kecenderungan pada gaya belajar kinestetik pada mata pelajaran IPS di MTs Al-Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar sebanyak 4 siswa. Pelaksanaan belajarnya lebih menyukai belajar sambil bermain, lebih suka menghafal dengan berjalan, ketika membaca menggunakan jari sebagai petunjuk, suka memainkan benda-benda disekitranya, sering menganggu temannya ketika proses pembelajaran IPS, tidak mudah terganggu oleh suara berisik atau keributan dan cenderung memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202073 IBTIDATUL AROFAH AZZAHRO
Date Deposited: 03 Jul 2024 04:27
Last Modified: 03 Jul 2024 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47968

Actions (login required)

View Item View Item