PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA MAS PESANTREN AL-AMIN MOJOKERTO

LATHIFATUN NISAK, 126212203082 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA MAS PESANTREN AL-AMIN MOJOKERTO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (550kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan E-LKPD Terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam Kelas XI IPA MAS Pesantren Al-Amin Mojokerto” ini ditulis oleh Lathifatun Nisak, NIM. 126212203082, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, E-LKPD, Hasil Belajar, Kreativitas, Hidrolisis Garam Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kreativitas dan hasil belajar siswa yang disebabkan karena kurangnya ajang untuk mengekspresikan dan berpendapat sesuai dengan kreativitas masing-masing anak. Oleh karena itu, guru perlu menciptakan inovasi kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan mendorong anak untuk mampu mengekspresikan idenya. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) menggunakan E-LKPD mampu mengoptimalkan daya kreativitas dan eksplorasi siswa serta peran guru sebagai fasilitator dan pembimbing yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MAS Pesantren Al-Amin Mojokerto 2) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan E-LKPD terhadap kreativitas siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MAS Pesantren Al-Amin Mojokerto 3) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MAS Pesantren Al-Amin Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eksperiment yaitu Pretest-Posttest Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik IPA di MAS Pesantren Al-Amin Mojokerto. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar tes untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa dan lembar angket serta lembar observasi penilaian produk untuk mengukur kreativitas siswa. Teknik analisis data menggunakan uji T dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MA Pesantren Al-Amin Mojokerto 2) ada pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan E-LKPD terhadap kreativitas siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MA Pesantren Al-Amin Mojokerto 3) ada pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa pada materi hidrolisis garam kelas XI IPA MA Pesantren Al-Amin Mojokerto.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212203082 LATHIFATUN NISAK
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:28
Last Modified: 05 Jul 2024 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48011

Actions (login required)

View Item View Item