KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) SISWA SMPN 4 TULUNGAGUNG

BILQIS ASLAMASARI, 17204163094 (2024) KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS (NEA) SISWA SMPN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (347kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA) Siswa SMPN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Bilqis Aslamasari, NIM. 17204163094, pembimbing : Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Kesalahan, Soal Cerita, Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV), Newman’s Error Analysis (NEA) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa siswa yang mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal cerita pada materi SPLDV. Sehingga siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita dan mendapat nilai rendah untuk tipe soal tersebut. Agar kesalahan-kesalahan tersebut tidak berulang dan dapat diperbaiki maka perlu adanya suatu analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sehingga meminimalisir kesalahan dengan terus berlatih sediri di rumah dan di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). (2) Penyebab kesalahan yang dilakukan siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dan wawancara. Tes digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa dan wawancara digunakan untuk menulusuri kesalahan siswa secara mendalam. Subjek penelitian siswa SMPN 4 Tulungagung. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh: (1) Jenis kesalahan siswa berkemampuan tinggi cenderung pada tahap penulisan jawaban akhir. Kesalahan siswa berkemampuan sedang cenderung pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Sedangkan kesalahan siswa berkemampuan rendah cenderung pada tahap memahami masalah, transformasi masalah, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. (2) Penyebab kesalahan siswa berkemampuan tinggi yaitu kurang teliti, lupa dan tergesa-gesa. Penyebab kesalahan siswa berkemampuan sedang yaitu kurang teliti, kurang terampil dalam menghitung, tergesa-gesa dan lupa. Sedangkan penyebab kesalahan siswa berkemampuan rendah yaitu tidak memahami soal, tidak menguasai materi, dan tergesa-gesa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Linear
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Matematika > Variabel
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 17204163094 BILQIS ASLAMASARI
Date Deposited: 11 Jul 2024 06:56
Last Modified: 11 Jul 2024 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48036

Actions (login required)

View Item View Item