PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KIMIA BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI KOLOID

MASITHOH ZAKIYAH PUTRI, 12212193015 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK KIMIA BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MATERI KOLOID. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (732kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Media Komik Kimia Berbasis Blended Learning Pada Materi Koloid” ditulis oleh Masithoh Zakiyah Putri, NIM 12212193015, Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: Media Komik, Blended Learning, Koloid. Media pembelajaran penting dalam menunjang kegiatan belajar. Akan tetapi penggunaan media pembelajaran yang sederhana seperti modul dan LKS dengan metode konvensional membuat siswa merasa bosan dan kurang termotivasi untuk belajar. Materi koloid dianggap sulit bagi siswa dikarenakan berisikan zat bersifat sub-mikroskopik. Maka dari itu, perlu dilakukan inovasi dengan mengembangkan media komik kimia berbasis blended learning pada materi koloid. Media komik ini dapat diakses secara fleksibel karena dalam bentuk digital dan dapat digunakan pada pembelajaran berbasis blended learning yang dapat menciptakan suasana menyenangkan dan membuat siswa termotivasi untuk belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya (1) Mengetahui pengembangan komik kimia berbasis blended learning pada materi koloid, (2) Mengetahui kevalidan pengembangan komik kimia berbasis blended learning pada materi koloid dan (3) Mengetahui respon siswa terhadap pengembangan komik kimia berbasis blended learning pada materi koloid Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Produk dari penelitian ini divalidasi oleh dua validator yaitu 1 dosen dan 1 guru mata pelajaran kimia menggunakan angket validasi ahli materi dan ahli media. Respon siswa diperoleh dari hasil angket respon siswa yang melibatkan kelompok kecil yaitu 21 siswa kelas XI IPA MA Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Serta pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket yang kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh (1) Media komik kimia berbasis blended learning pada materi koloid telah dikembangankan dengan model ADDIE. (2)Validasi produk oleh 2 validator diperoleh persentase hasil validasi materi dan media berturut-turut adalah 94,60% dan 97,41% yang menunjukkan bahwa media komik valid dan layak digunakan. (3) Hasil uji coba lapangan didapatkan bahwa respon siswa sangat baik terhadap pengembangan media ini, ditunjukkan dari hasil angket respon siswa sebesar 94,82% pada aspek kemenarikan, 93,91% pada aspek penyajian materi dan 93,96% pada aspek kebahasaan. Sehingga didapatkan ratarata 93,98% yang menunjukkan media komik kimia berbasis blended learning pada materi koloid telah masuk kriteria sangat baik dan menarik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media komik yang dikembangkan dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193015 MASITHOH ZAKIYAH PUTRI
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:40
Last Modified: 05 Jul 2024 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48080

Actions (login required)

View Item View Item