PENGARUH HABITS OF MIND MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) KELAS X SMAN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG

ERVINA DWI CAHYANI, 126204203154 (2024) PENGARUH HABITS OF MIND MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) KELAS X SMAN 1 KARANGREJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (814kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (921kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (803kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (623kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Cahyani, Ervina Dwi. 2024. Pengaruh Habits of Mind Matematis Terhadap Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skill (HOTS) Kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Musrikah, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Habits of Mind Matematis, Higher Order Thinking Skill, Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang sering mengungkapkan ketidaksukaan terhadap matematika dan cenderung pasif selama pembelajaran matematika serta kurangnya pemahaman peserta didik tentang masalah yang berkaitan dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS) sehingga peserta didik merasa kesulitan ketika menyelesaikan masalah matematis. Oleh karena itu, peserta didik perlu diberikan kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan berpikir matematisnya agar peserta didik dapat menyelesaikan berbagai masalah matematis. Melalui Habits of Mind matematis dan Higher Order Thinking Skill (HOTS) kemampuan peserta didik akan semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh habits of mind matematis terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah higher order thinking skill (HOTS) Kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung, (2) Untuk mengetahui besar pengaruh habits of mind matematis terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah higher order thinking skill (HOTS) Kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan causal effect. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Karangrejo. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan Teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas X SMAN 1 Karangrejo yang berjumlah 35 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh habits of mind matematis terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah higher order thinking skill (HOTS) Kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05. (2) Besar pengaruh habits of mind matematis terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan masalah higher order thinking skill (HOTS) Kelas X SMAN 1 Karangrejo Tulungagung sebesar 39,9%. Berarti bahwa variabel Habits of mind memberikan kontribusi sebesar 39,9% terhadap variabel menyelesaikan masalah Higher Order Thinking Skill (HOTS), sedangkan sisanya sebesar 60,1% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203154 ERVINA DWI CAHYANI
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:47
Last Modified: 08 Jul 2024 01:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48097

Actions (login required)

View Item View Item