PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG

ALFINA NASUKHA SIFA, 126211201031 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI SMAN 1 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (619kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (226kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh model pembelajaran di kelas yang masih bersifat teacher center dengan direct learning methode, sehingga siswa hanya mengandalkan materi yang diberikan guru dan terdapat beberapa pembahasan yang sulit dipahami. Hal itu kemudian mengakibatkan kemampuan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa rendah. Pemilihan model pembelajaran perlu disesuaikan dengan topik yang akan dibahas, beberapa topik dapat disampaikan dengan direct learning methode atau metode ceramah tanpa menemukan hambatan dalam pembelajaran, namun beberapa topik yang lain membutuhkan indirect learning methode untuk dapat lebih mudah dipahami peserta didik. Oleh karena itu diperlukan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada materi teori kinetik gas, (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas, (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar pada materi Teori Kinetik Gas di kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kauman Tulungagung, dengan populasi seluruh kelas XI yang berjumlah 416 siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI B sebagai kelas kontrol, dengan jumlah masing-masing 36 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dan desain penelitian non-equivalent control grup design. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T-test, uji Mann Whitney dan uji Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi teori kinetik gas dikelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada materi teori kinetik gas dikelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung. (3) Ada pengaruh antara pemahaman konsep dan hasil belajar pada materi teori kinetik gas di kelas XI SMAN 1 Kauman Tulungagung menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211201031 ALFINA NASUKHA SIFA'
Date Deposited: 11 Jul 2024 02:42
Last Modified: 11 Jul 2024 02:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48167

Actions (login required)

View Item View Item