STRATEGI READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN 4 TULUNGAGUNG

ALFINA AYU ROSIDA, 126205202128 (2024) STRATEGI READING GUIDE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Reading Guide untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di MIN 4 Tulungagung”, ditulis oleh Alfina Ayu Rosida, NIM.126205202128, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata Kunci: Reading Guide, Hasil Belajar, IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Konteks penelitian ini secara fenomenal menunjukkan bahwa adanya kesulitan dari peserta didik dalam memahami bacaan teks yang panjang, khususnya pada pelajaran IPS. Permasalahan ini diduga terjadi karena hilangnya konsentrasi dan fokus peserta didik ketika dihadapkan dengan teks bacaan yang panjang. Selain itu, guru sering menggunakan satu strategi pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered), membuat siswa kurang tertarik dengan pembelajaran. Di lembaga MIN 4 Tulungagung, beberapa Bapak/Ibu guru sudah menerapkan strategi reading guide. Strategi pembelajaran yang memiliki dampak positif, karena peserta didik lebih mudah memahami materi pelajarannya. Strategi reading guide juga diakui oleh Bapak/Ibu guru memiliki efisiensi terhadap waktu. Tujuan penelitian yaitu; (1) Untuk mendeskripsikan persiapan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran reading guide untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN 4 Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran reading guide untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN 4 Tulungagung. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran siswa ketika menerapkan strategi pembelajaran reading guide untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MIN 4 Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Kehadiran peneliti sebagai instrument utama dalam pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, yaitu dengan melakukan pemilahan atau pengklasifikasian data, kemudian menyajikan data, dan terakhir membuat kesimpulan (melakukan verifikasi data). Hasil penelitian skripsi ini adalah; 1) Persiapan guru, yaitu mengikuti serangkaian kegiatan guru sebelum tahun ajaran baru, menyiapkan perangkat pembelajaran, menyiapkan list pertanyaan dan bahan bacaan sebelum kegiatan pembelajaran, guru dan siswa mempersiapkan diri dengan baik sebelum kegiatan pembelajaran; 2) Proses pelaksanaan guru dalam menerapkan strategi reading guide pada mata pelajaran IPS di MIN 4 Tulungagung berjalan dengan baik sesuai dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), guru mendapat pengalaman baru dan siswa merasa senang juga antusias untuk belajar; 3) Proses evaluasi strategi reading guide pada mata pelajaran IPS di MIN 4 Tulungagung melalui tes dan non tes. Adapun evaluasi guru, yaitu mencari hambatan ketika kegiatan belajar dan memberikan solusi. Guru membandingkan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan strategi reading guide. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa, data tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata laporan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202128 ALFINA AYU ROSIDA
Date Deposited: 01 Aug 2024 03:40
Last Modified: 01 Aug 2024 03:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48355

Actions (login required)

View Item View Item