PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG

NERLIS CHOLIFAH, 126209203130 (2024) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kedisiplinan Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung” ini ditulis oleh Nerlis Cholifah, NIM. 126209203130. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Yudi Krisno Wicaksono, M.IP. Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Hasil Belajar Setiap siswa pasti menginginkan hasil belajar yang maksimal sehingga mampu berhasil dan mencapai prestasi yang baik. Hasil belajar pada proses pembelajaran tidak selalu menunjukkan hasil yang maksimal. Seperti yang terjadi di SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung, hasil belajar seluruh siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS belum sepenuhnya menunjukkan hasil yang maksimal, namun bervariasi ada yang rendah, sedang, dan tinggi. Hasil belajar yang bervariasi dapat terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhinya yaitu kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya. Kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya merupakan bagian kecil dari faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dan dijadikan acuan dalam keberhasilan untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Apakah kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa? 2) Apakah lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa? 3) Apakah kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui apakah kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui apakah lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. 3) Untuk mengetahui apakah kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Kauman Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian Ex-post Facto. Metode pengumpulan data mengenai kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya menggunakan kuesioner, sedangkan untuk memperoleh data mengenai hasil belajar menggunakan raport semester ganjil. Sampel yang digunakan yaitu 89 siswa dari total populasi sebesar 354 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung. Pengolahan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Kedisiplinan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel, sebesar (3,012>1,662). 2) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa, dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel, sebesar (8,867>1,662). 3) Variabel kedisiplinan belajar dan lingkungan teman sebaya secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung, dibuktikan dengan nilai Fhitung> Ftabel sebesar (71,533>3,10).

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209203130 NERLIS CHOLIFAH
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:56
Last Modified: 10 Jul 2024 08:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48374

Actions (login required)

View Item View Item