RIRIN WAHYU IRYANTI, 12402183037 (2023) STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA USAHA JAMUR SARI PRODUCTION DESA JABALSARI KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (15kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada Usaha Jamur Sari Production Desa Jabalsari Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Ririn Wahyu Iryanti, NIM. 12402183037, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Syamsul Umam, S.H.I., M.H. Salah satu sub sektor pertanian yang saat ini tumbuh dan banyak dijalankan masyarakat, salah satunya yaitu hortikultura. Jamur tiram merupakan jenis hortikultura yang memiliki tekstur lembut, kandungan gizi yang tinggi, protein, lemak, mineral, dan vitamin. Dalam menjalankan usaha jamur dibutuhkan strategi pemasaran yang efektif dan efisien agar dapat bersaing dan berkembang. Maka dari itu penelitian ini mengangkat permasalahan strategi pemasaran dalam usaha jamur dan menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini dilakukan di Jamur Sari Production Dusun Ngelo, Jabalsari, RT.02/RW.03, Kabupaten Tulungagung. Fokus penelitian ini, yaitu apakah faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran jamur tiram dan bagaimana strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT pada usaha Jamur Sari Production. Tujuannya untuk mengetahui faktor internal dan eksternal dan untuk mengetahui strategi pemasaran menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis SWOT menghasilkan matriks IFAS total skor kekuatan (Strength) adalah 2,61 dan kelemahan (Weakness) adalah 0,31. Sedangkan analisis matriks EFAS menghasilkan total skor peluang (Opportunity) adalah 2,45 dan ancaman (Threats) adalah 0,45. Sehingga pada kuadran analisis SWOT diketahui x = 2,3 yang diperoleh dari perhitungan kekuatan - kelemahan dan y = 2 yang diperoleh dari perhitungan peluang - ancaman, dapat disimpulkan bahwa Jamur Sari Production berada di posisi kuadran I yang mendukung strategi pertumbuhan/growth yang agresif. Strategi pemasaran yang dapat digunakan usaha Jamur Sari Production, yaitu yang pertama, penetrasi pasar dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Tik Tok, Twitter, dan sebagainya. Marketplace juga dapat dimanfaatkan untuk pemasaran dalam jangkauan yang lebih luas, seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lainnya. Dalam memasarkan produk dapat memberikan promo atau diskon. Kedua, pengembangan produk dengan membuat inovasi-inovasi untuk produk jamur, yang awalnya hanya membuat keripik jamur, pentol jamur, dan nugget jamur dapat diolah menjadi tumis jamur, pepes jamur, sate jamur, omelet jamur, dan sebagainya. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Matriks IFAS & EFAS
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Strategi Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 12402183037 RIRIN WAHYU IRYANTI |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 07:53 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 07:53 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48553 |
Actions (login required)
View Item |