LUTFI FATMA HILMASARI, 126204201027 (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SELF CONFIDENCE SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) KELAS VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (934kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (571kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (789kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (741kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (428kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Scrapbook Terhadap Hasil Belajar dan Self Confidence siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Lutfi Fatma Hilmasari, NIM. 126204201027 Pembimbing Dr. Maryono, M.Pd. Kata Kunci: PjBL, Scrapbook, Hasil Belajar, Self Confidence, SPLDV Model Pembelajaran yang digunakan oleh seorang pendidik sangatlah penting dalam proses pembelajaran karena dapat mempengaruhi hasil belajar dan self confidence siswa di kelas maupun di lingkungan sekolahan. Salah satu yang dapat meningkatkan hasil belajar dan self confidence siswa adalah penggunaan model pembelajaran dan media yang tepat. Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) adalah salah satu model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Karena berbasis proyek sebagai medianya, pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran haruslah kreatif yang dapat membuat siswa bersemangat dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dapat digunakan adalah berupa media Scrapbook atau buku tempel yang menarik. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan self confidence siswa. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan Scrapbook terhadap hasil belajar siswa pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan Scrapbook terhadap kepercayaan diri (Self Confidence) siswa pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 1 Tulungagung, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model project based learning (PjBL) berbantuan Scrapbook terhadap hasil belajar dan kepercayaan diri (Self Confidence) siswa pada materi SPLDV kelas VIII MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Posttest-Only Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Tulungagung dengan sampel kelas kelas VIII E dan VIII F dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket self confidence. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji T dan uji MANOVA dengan bantuan Software SPSS For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh dari penerapan model project based learning berbantuan scrapbook terhadap hasil belajar dengan nilai signifikansi 0.029 <0.05, (2) Terdapat pengaruh dari penerapan model project based learning berbantuan scrapbook terhadap self confidence dengan nilai signifikansi 0.02 <0.05, dan (3) Terdapat pengaruh penggunaan media Scrapbook terhadap hasil belajar dan self confidence dengan nilai signifikansi 0.017<0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201027 LUTFI FATMA HILMASARI |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 08:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 08:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48567 |
Actions (login required)
View Item |