STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BATIK LWANG WENTAR KABUPATEN BLITAR

BINTI DWI ANA NURVITASARI, 126405202124 (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA BATIK LWANG WENTAR KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (447kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Batik LWang Wentar Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Binti Dwi Ana Nurvitasari, NIM. 126405202124, pembimbing Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena meningkatnya industri batik di Kabupaten Blitar yang dapat menimbulkan persaingan antar usaha. Akan tetapi, hal ini justru membuat industri Batik LWang Wentar mengalami peningkatan penjualan setiap tahunnya. Dengan adanya kasus tersebut, owner Batik LWang Wentar pastinya memiliki strategi untuk terus meningkatkan penjualannya. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana strategi produk dalam meningkatkan penjualan Batik LWang Wentar Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana strategi harga dalam meningkatkan penjualan Batik LWang Wentar Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana strategi promosi dalam meningkatkan penjualan Batik LWang Wentar Kabupaten Blitar? (4) Bagaimana strategi tempat dalam meningkatkan penjualan Batik LWang Wentar Kabupaten Blitar? (5) Bagaimana strategi saluran distribusi dalam meningkatkan penjualan Batik LWang Wentar Kabupaten Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi produk dengan menjual produk berkualitas dan menyediakan fasilitas yang lengkap, mengutamakan pelayanan pada produk yang ditawarkan, menerima pesananan dan menyediakan produk yang siap dijual, menyediakan produk yang beragam, memiliki surat hak cipta motif, merek, izin usaha, dan memberi label pada ujung kain batik serta memiliki beragam kemasan batik. (2) Strategi harga, menetapkan harga produk sesuai kualitas dan harga bahan baku pembuatan produk. (3) Strategi promosi, lebih banyak dilakukan dari mulut ke mulut seperti mengikuti kegiatan pameran atau memberikan edukasi/pelatihan. (4) Strategi tempat, berada dilokasi yang stretegis dan memadai sebagai tempat produksi batik. (5) Strategi saluran distribusi, pembeli batik dari luar kota dapat memesan melalui via WA dan paket akan dikirimkan melalui jasa pos. Kata Kunci: Strategi, Bauran Pemasaran, Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Strategi Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 126405202124 BINTI DWI ANA NURVITASARI
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:34
Last Modified: 15 Jul 2024 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48593

Actions (login required)

View Item View Item