KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TANBIHUL MUTA’ALLIM KARYA SYEIKH AHMAD MAISUR SINDI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP

AHMAD SOFIYULLOH, 126201202082 (2024) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TANBIHUL MUTA’ALLIM KARYA SYEIKH AHMAD MAISUR SINDI DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMP. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (698kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (211kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Konsep Pendidikan Akhlak dalam Kitab Tanbihul Muta’allim Karya Syeikh Ahmad Maisur Sindi dan Relevansinya dengan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam SMP” ditulis oleh Ahmad Sofiyulloh, NIM. 126201202082. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi : Hafidz Rosyidiana, M. Pd. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Kitab Tanbihul Muta’allim, Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh merosotnya akhlak yang terjadi di dunia pendidikan. Banyak sekali kasus degradasi moral dalam dunia pendidikan seperti tawuran antar sekolah, pergaulan bebas, bahkan kasus penganiayaan guru yang dilakukan oleh oknum murid. Masalah akhlak tersebut, salah satunya karena mereka tidak dibekali ilmu tentang akhlak. Hal ini menunjukkan bahwa memberikan pemahaman murid terkait materi akhlak sangat penting. Kitab Tanbihul Muta’allim karya Syeikh Ahmad Maisur Sindi, adalah salah satu kitab yang membahas mengenai akhlak yang diperlukan murid saat mencari ilmu, sehingga mereka menjadi generasi Muslim sesuai dengan tuntunan Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim karya Syeikh Ahmad Maisur Sindi, (2) mendeskripsikan relevansi akhlak peserta didik dalam kitab Tanbihul Muta’allim karya Syeikh AhmadaMaisur Sindi dengan kompetensi dasar Pendidikan Agama Islam SMP, (3) mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan kitab Tanbihul Muta’allim karya Syeikh Ahmad Maisur Sindi. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dengan memanfaatkan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (Content Analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim karya Syeikh Ahmad Maisur Sindi terdiri dari tujuh hal, yaitu (a) akhlak sebelum datang ke tempat belajar, (b) akhlak ketika berada di tempat belajar, (c) akhlak sesudah belajar, (d) akhlak terhadap diri sendiri, (e) akhlak sopan santun kepada orang tua, (f) akhlak sopan santun kepada guru, (g) akhlak sopan santun terhadap ilmu. (2) Relevansi antara konsep pendidikan akhlak dalam kitab Tanbihul Muta’allim karya Syeikh Ahmad Maisur Sindi dengan kompetensi dasar PAI SMP sangatlah relevan. Hal ini dibuktikan dengan kitab Tanbihul Muta’allim mengandung banyak konsep pendidikan akhlak yang selaras dengan materi dalam PAI jenjang SMP. (3) Kelebihan kitab Tanbihul Muta’allim menurut penulis ialah : (a) kitab klasik dengan bahasan ringkas dan spesifik terkait akhlak yang harus dimiliki murid, (b) dimuat dalam bait syair berupa nadhom sehingga memudahkan murid untuk menghafal, (c) susunan kitab sistematis yaitu dengan mengklasifikasikan bentuk akhlak ke dalam bab. Kekurangan kitab ini ialah: (a) tidak memuat akhlak murid kepada teman atau lingkungan sekitar, (b) tidak memuat anjuran murid untuk berakhlakul karimah secara spesifik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202082 AHMAD SOFIYULLOH
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:36
Last Modified: 15 Jul 2024 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48612

Actions (login required)

View Item View Item