PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN PADA KETERAMPILAN BERCERITA ANAK DI KELAS B TK DWP BELAHANREJO KEDAMEAN GRESIK

NONI FEBRIANTI, 12206183012 (2023) PENGARUH MEDIA BONEKA TANGAN PADA KETERAMPILAN BERCERITA ANAK DI KELAS B TK DWP BELAHANREJO KEDAMEAN GRESIK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (641kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (358kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Boneka Tangan Pada Keterampilan Bercerita Anak di Kelas B TK DWP Belahanrejo Kedamean Gresik” ini di tulis oleh Noni Febrianti, Nim. 12206183012, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Univesitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ibu Mirna Wahyu Agustin. M.Pd. Kata Kunci : Media Boneka Tangan, Keterampilan Bercerita Anak Pengembangan keterampilan bercerita pada anak yang hanya bercerita tanpa menggunakan media dirasa kurang efektif untuk mengembangkan keterampilan bercerita anak. Dengan penggunaan media boneka tangan menjadi alternative untuk menarik minat anak dalam mengembangkan keterampilan bercerita anak. Rumusan masalah pada penelitian ini ada 2 yaitu : 1. Apakah ada pengaruh media boneka tangan pada pengembangan keterampilan bercerita anak di kelas B TK DWP Belahanrejo Kedamean Gresik?, 2. Seberapa besar pengaruh media boneka tangan pada pengembangan keterampilan bercerita anak di kelas B TK DWP Belahanrejo Kedamean Gresik?. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh media boneka tangan pada perkembangan keterampilan bercerita anak di kelas B TK DWP Belahanrejo Kedamean Gresik, 2) Untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh media boneka tangan pada perkembangan keterampilan bercerita anak di kelas B TK DWP Belahanrejo Kdamean Gresik. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pre experimental desigen dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian peserta didik kelompok B TK DWP Belahanrejo Kedamean Gresik tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 anak. Sampel diambil deangan teknik purposive sampling. Variabel bebas media boneka tangan, variabel terikat keterampilan bercerita. Uji statistik menggunakan uji paired sampel T test. Hasil penelitian didapatkan 1). Ada pengaruh media boneka tangan pada keterampilan bercerita anak di kelas B TK DWP Belahanrejo Kedamean Gresik. diperoleh angka 17.996, ttabel pada taraf signifkan 5% adalah 2,109816. Maka thitung > ttabel, yaitu 17.996 > 2,109816, dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. 2). Adanya pengaruh yang signifikan untuk media boneka tangan pada keterampilan bercerita anak kelas B TK DWP Belahanrejo Kedamean Gresik. Hasil tersebut dapat terlihat berdasarkan perhitungan nilai effect size (d) = 1,0298 interprestasi pada tabel Cohen’s menyatakan presentasi pengaruh sebesar 84% yang tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183012 NONI FEBRIANTI
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:49
Last Modified: 18 Jul 2024 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48643

Actions (login required)

View Item View Item