STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di MAN Insan Cendekia Pekalongan)

MUHAMMAD IZZUL HAQ, 1880501220060 (2024) STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN CITRA POSITIF (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di MAN Insan Cendekia Pekalongan). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (532kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (436kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tesis dengan Judul “Strategi public relations dalam Membangun Citra Positif (Studi Sequential Exploratory Mixed Method di MAN Insan Cendekia Pekalongan)” ini ditulis oleh Muhammad Izzul Haq dengan bimbingan oleh Prof. Dr. H. Prim Masrokan Mutohar, M. Pd. dan Prof. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci : Strategi, Public Relations, dan Citra Positif Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataan bahwa banyak lembaga pendidikan islam yang belum memaksimalkan peranan public relations. Umumnya public relations berjalan secara natural sehingga citra lembaga pendidikan islam tidak terbentuk positif. Citra lembaga pendidikan Islam bukan sebuah pemberian melainkan persepsi yang dapat dikelola serta diarahkan sesuai dengan nilai fundamental maupun visi dari satuan lembaga pendidikan Islam, oleh sebab itu, peneliti tertarik untuk mengungkap strategi public relations dalam membangun citra positif lembaga pendidikan Islam. Penelitian dengan fokus pada strategi public relations meliputi pendekatan, komunikasi, dan media dalam membangun citra positif. Penelitian ini dilakukan di MAN Insan Cendekia Pekalongan, dengan pertanyaan penelitian yaitu Bagaimana pendekatan, komunikasi, dan media public relations dalam membangun citra positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan? Adakah pengaruh secara parsial pendekatan, komunikasi dan media public relations terhadap citra positif? Serta Adakah pengaruh secara bersama antara pendekatan, komunikasi, dan media public relations terhadap citra positif?. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan, komunikasi, dan media public relations dalam membangun citra positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan, dan menjelaskan pengaruh secara parsial pendekatan, komunikasi dan media public relations terhadap citra positif, serta menjelaskan pengaruh secara bersama antara pendekatan, komunikasi dan media public relations terhadap citra positif. Metode dalam penelitian ini adalah mixed method, dengan desain sequential exploratory design. Jenis penelitian kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus (case study). Adapun Teknik Pengumpulan data tahap pertama melalui teknik observasi berperan serta (participant observation), wawancara mendalam (indepth interview) dan dokumentasi., dengan teknik analisis data kondensasi data, data display, dan conclusion. Serta analisis keabsahan data melalui teknik trianggulasi. Kemudian pada tahap ke-2 jenis penelitian kuantitatif yang digunakan yaitu jenis penelitian pokok (fundamental research) dengan desain penelitian one shoot case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tenknik tes. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis deskriptif dengan menggunakan uji Run Test dan teknik analisis inferensial dengan menggunakan uji statistik Kendal Tau dan ANOVA serta uji Beda T-Test. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendekatan Public Relations dalam membangun citra positif MAN Insan Cendekia Pekalongan berbentuk madrasah unggul berdaya sanding. Madrasah unggul berdaya sanding ialah madrasah yang mampu memberikan nilai-nilai positif pada sekelilingnya. Adapun bentuk pendekatan diantaranya pertama, pendekatan filosofis, melalui program studi kolaborasi. Kedua, pendekatan fungsionalis, melalui basis akademik, kesiswaan, dan keasramaan. Ketiga, pendekatan manajerial, melalui model konseptual dan operasional. Kemudian juga terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh Pendekatan Public Relations terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Jadi apabila semakin tinggi Pendekatan Public Relations maka berpengaruh terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan maupun sebalikanya. Komunikasi public Relations dalam membangun citra positif MAN Insan Cendekia Pekalongan berbentuk keshalehan berkomunikasi diantaranya pertama komunikasi verbal seperti, pertama perkataan benar dan jujur, kedua, perkataan lancar, jelas dan tepat, ketiga perkataan mulia, keempat pesan yang baik, kelima bahasa yang sederhana. Kedua, komunikasi non verbal yaitu komunikasi yang memiliki kesan mendalam dan kasih sayang. Lalu terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh Komunikasi Public Relations terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Jadi apabila semakin tinggi Komunikasi Public Relations maka berpengaruh terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan maupun sebalikanya. Media public Relations memiliki peranan yaitu partisipasi, support, appreciation, dan knowledge. Adapun dalam membangun citra positif MAN Insan Cendekia Pekalongan media yang digunakan diantaranya : Media elektronik berupa televise dan radio, Media cetak berupa majalah atau buletin, Media online berupa website dan media sosial. Kemudian terdapat prinsip media public relations diantaranya by establishing a reputations for reliability (Membangun reputasi sebagai orang yang dapat dipercaya), by supplying good copy (Menyediakan salinan yang baik), dan by building personal relationship white the media (Membangun hubungan personal yang kokoh). Lalu terdapat pengaruh positif dan signifikan pengaruh Media Public Relations terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Jadi apabila semakin tinggi Media Public Relations maka berpengaruh terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan maupun sebalikanya. Kemudian didapatkan bahwa Pendekatan Public Relations, Komunikasi Public Relations, Media Public Relations terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan dengan hasil pengujian simultan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama Pendekatan Public Relations, Komunikasi Public Relations, Media Public Relations terhadap Citra Positif di MAN Insan Cendekia Pekalongan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Ilmu Komunikasi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220060 MUHAMMAD IZZUL HAQ
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:41
Last Modified: 10 Sep 2024 06:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48680

Actions (login required)

View Item View Item