PELAYANAN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Rumah Sakit Dr. Iskak Tulungagung)

NANDA KUSUMANING AYU, 12103193106 (2024) PELAYANAN PENGGUNA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL DALAM PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Rumah Sakit Dr. Iskak Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (51kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)

Abstract

Nanda Kusumaning Ayu, 12103193106, Jaminan Undang-Undang Perlindungan Hak Asasi Manusia Terkait Dengan Diskriminasi Pelayanan Pengguna BPJS (Studi Kasus di Rumah Sakit Dr. Iskak Tulungagung), Fakultas Syari’ah Dan Ilmu Hukum, Hukum Tata Negara, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Nurush Shobahah M.H.I Kata Kunci: Jaminan, Hak Asasi Manusia, Diskriminasi dan Bpjs Penelitian ini dilatarbelakangi adanya tindakan para tenaga kesehatan yang melakukan pelayanan kesehatan kurang baik sehingga menimbulkan kesan diskriminasi terhadap masyarakat pengguna BPJS, yang tentunya hal tersebut melanggar Hak Persamaan dan Hak memperoleh Keadilan. Seperti halnya yang terjadi di Rumah Sakit Dr. Iskak Tulnngagung, pelayanan kesehatan yang kurang baik tidak hanya dialami oleh satu orang namun beberapa orang dan tentunya hal tersebut dirasa kurang adil bagi sebagian masyarakat pengguna BPJS karena mereka sama-sama membayar biaya kesehatan. Rumusan penelitian adalah: 1) Bagaimana penyelenggaraan pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial di Indonesia? 2) Bagaimana perlindungan hak asasi manusia terkait dengan diskriminasi pelayanan pengguna BPJS perspektif hukum positif? 3). Bagaimana perlindungan hak asasi manusia terkait dengan diskriminasi pelayanan pengguna bpjs perspektif hukum islam? Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mengetahui tentang penyelenggaraan pelayanan badan penyelenggara jaminan sosial di Indonesia 2) Untuk mengetahui tentang perlindungan hak asasi manusia terkait dengan diskriminasi pelayanan pengguna BPJS perspektif hukum positif. 3) Untuk mengetahui perlindungan hak asasi manusia terkait dengan diskriminasi pelayanan pengguna BPJS perspektif hukum islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis field research atau penelitian lapangan, yangmana penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati yang berlokasi di Kabupaten Tulungagung. Adapun hasil penelitian ini diantaranya: 1) Undang-Undang di Indonesia membentuk dua badan BPJS, yaitu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. BPJS Kesehatan menyelenggarakan program jaminan kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan menyelenggarakan program jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian. 2) Peserta BPJS memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik yang mencakup berbagai jenis layanan mulai dari pemeriksaan kesehatan, pengobatan, hingga rawat inap di rumah sakit yang telah bekerja sama dengan BPJS dan jaminan kesehatan. 3) Islam melarang adanya diskriminasi karena islam sendiri sangat menjunjung tinggi prinsip keadilan dan persamaan. Oleh karena itu, disini pemerintah bertanggung jawab untuk memastikan bahwa hak-hak yang seharusnya dimiliki rakyatnya dihormati dan dilindungi termasuk hak mendapatkan persamaan dalam pelayanan kesehatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 12103193106 NANDA KUSUMANING AYU
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:13
Last Modified: 22 Jul 2024 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48862

Actions (login required)

View Item View Item