PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS XI SMA PGRI 1 SIDOARJO

HAFIZA JANNATUL OVELLIA, 126211202051 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS XI SMA PGRI 1 SIDOARJO. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (891kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (578kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Usaha dan Energi Kelas XI SMA PGRI 1 Sidoarjo” ini ditulis oleh Hafiza Jannatul Ovellia, NIM 126211202051, Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan dosen pembimbing Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Keaktifan dan Hasil Belajar Kelas XI Model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar masih kurang bervariasi dan menggunakan model pembelajaran kurikulum scientifik. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif pada saat kegiatan belajar mengajar dan berpengaruh kepada hasil belajar siswa yang rendah. Hal ini dikarenakan proses kegiatan belajar mengajar selalu berkaitan dengan melakukan aktivitas atau kegiatan. Dengan ini model discovery learning diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian (1) mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan pada materi usaha dan energi kelas XI SMA PGRI 1 Sidoarjo. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada materi usaha dan energi kelas XI SMA PGRI 1 Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi usaha dan energi kelas XI SMA PGRI 1 Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain posttest only control group design. Teknilk yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI-1, XI-2 dan XI-3 dengan jumlah siswa sebanyak 78 siswa. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI- 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa dan kelas XI-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen pengamatan dan tes. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji T-test (Independent Sampling T-test) dan uji Multivarians Analysis of varians (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan pada materi usaha dan energi kelas XI SMA PGRI 1 Sidoarjo dengan nilai sig 0.001 < 0.05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar pada materi usaha dan energi kelas XI SMA PGRI 1 Sidoarjo dengan nilai sig 0.000 < 0.05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap keaktifan dan hasil belajar pada materi usaha dan energi kelas XI SMA PGRI 1 Sidoarjo dengan nilai sig 0.000 < 0.05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202051 HAFIZA JANNATUL OVELLIA
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:46
Last Modified: 06 Aug 2024 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48986

Actions (login required)

View Item View Item