STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI MAS HASYIM ASY’ARI JOGOROTO JOMBANG SKRIPSI

NIKE GANDINI, 126207201016 (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI MAS HASYIM ASY’ARI JOGOROTO JOMBANG SKRIPSI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Lembaga di MAS Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang” ini ditulis oleh Nike Gandini dengan NIM 126207201016, pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci : Pemasaran Pendidikan, Citra Lembaga Strategi pemasaran memiliki peran yang penting dalam pengelolaan madrasah. Strategi pemasaran akan menghantarkan madrasah sebagai lembaga pendidikan yang besar sebagaimana yang diharapkan melakui proses formulas, Implementasi dan evaluasi secara berkala. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaran yang relevan dengan zamannya. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui formulasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MAs Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang (2) Mengetahui implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MAs Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang (3) Mengetahui evaluasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MAs Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah study kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan peyajian data dan penarikan kesimpulan. sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, keteunan triangulasi teknik, menggunakan bahan referensi dan melakukan membercheck Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) Formulasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MAS Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang meliputi penetapan tujuan, identifikasi keinginan konsumen, pengembangan program unggulan, serta penentuan strategi peningkatan citra lembaga. Proses ini dilakukan melalui rapat tahunan yang dipimpin langsung oleh kepala sekolah untuk menyusun visi misi, dan tujuan yang jelas, guna memastikan strategi yang tepat dan efektif. (2) Implementasi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di MAS Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang dilaksanakan secara holistik, dengan melibatkan seluruh warga sekolah, termasuk kepala sekolah sebagai pemimpin, waka, guru, dan tenaga pekendidkan, meskipun sudah ada tim khusus yang bertanggung jawab. Pelaksanaan ini menggunakan media promosi untuk mengenalkan program unggulan, ciri khas lembaga, biaya, dan lokasi strategis. (3) Evaluasi pemasaran pendidikan di MAS Hasyim Asy’ari Jogoroto Jombang dilakukan setiap semester dan pada rapat tahunan yang dihadiri oleh seluruh guru, komite, staf, dan dipimpin oleh kepala sekolah. dalam evaluasi ini, semua pihak melaporkan hasil kerja serta keluhan yang dialami selama implemntasi, yang kemudian didiskusikan untuk menemukan solusi guna meminimalisir kegagalan dimasa depan. Selain itu madarasah ini menggunakan model perbaikan dan penambahan program sebagai upaya untuk meningkatkan citra lembaga.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207201016 NIKE GANDINI
Date Deposited: 20 Aug 2024 06:59
Last Modified: 20 Aug 2024 06:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49017

Actions (login required)

View Item View Item