MUHAMMAD LUTFI PRATAMA, 12201173352 (2022) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS VIIB DI MTS NEGERI 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (908kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (500kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas VIIB MTsN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Lutfi Pratama, NIM. 12201173352, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Peran guru akidah akhlak sangatlah penting dalam membentuk karakter siswa. Segala bentuk kegiatan diupayakan oleh guru akidah akhlak dalam rangka meningkatkan pengalaman siswa yang dapat mempengaruhi pembentukan karakter. Tingkat kemuliaan akhlak erat kaitannya dengan tingkat keimanan, yang salah satunya diwujudkan melalui tingkah laku yang terpuji. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimanakah peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam membentuk karakter siswa kelas VIIB di MTsN 8 Tulungagung? (2) Bagaimanakah peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk karakter siswa kelas VIIB di MTsN 8 Tulungagung? (3) Bagaimanakah peran guru akidah akhlak sebagai komunikator dalam membentuk karakter siswa kelas VIIB di MTsN 8 Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-studi kasus. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk mengecek keabsahan data terebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, review. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak sebagai seorang pembimbing bagi siswanya bergantung dengan pembentukan karakter yang baik yang dimulai dari guru sendiri sebagai contoh dan pemberian pembiasaan melalui kegiatan rutin keagamaan yang dilakukan di sekolah. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai motivator merupakan upaya pemberian dorongan kepada siswa yang dapat dilakukan melalui mencontohkan perilaku baik dari guru itu sendiri, pemberian apresiasi, ataupun ucapan motivasi yang dapat membangkitkan gairah semangat dalam belajar serta dapat memotivasi dirinya sendiri agar memiliki akhlakul karimah. (3) Peran guru Akidah Akhlak sebagai komunikator dengan cara menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan siswa, karena dengan komunikasi guru akan semakin mudah memahami karakter siswa, sehingga siswa memiliki sifat terbuka serta membiasakan siswa memiliki komunikasi yang baik kepada siapapun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173352 MUHAMMAD LUTFI PRATAMA |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 02:36 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 02:36 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49145 |
Actions (login required)
View Item |