LAILATUR ROBIAH, 126201202143 (2024) PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM AL-BADAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (403kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (244kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Orang Tua terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII SMP Islam Al-Badar”, ini ditulis oleh Lailatur Robiah (126201202143) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Annas Ribab Sibilana, M.Pd.I. Kata Kunci: Pendidikan Orang Tua, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa, pasti memerlukan peran dari orang tua siswa. Karena dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak, bukan hanya dari guru saja. Semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua siswa, maka semakin baik pula tingkat perhatian orang tua terhadap pendidikan anaknya, begitu pula sebaliknya. Orang tua yang memiliki tingkat pendidikan tinggi akan lebih mengerti mengenai kebutuhan anaknya, sehingga anak akan lebih termotivasi dalam belajar yang kemudian akan berdampak pada hasil belajar anak. Sebab orang tua memiliki peran sebagai pembimbing, motivator, dan fasilitator bagi anak. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting bagi keberhasilan belajar siswa. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut tentang pengaruh latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Islam Al-Badar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui pengaruh signifikan latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Al-Badar. (2) Mengetahui pengaruh signifikan latar belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Islam Al-Badar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan tipe sampling jenuh atau disebut penelitian populasi, yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al-Badar. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melakukan uji normalitas, uji linearitas, kemudian dilakukan pengujian hipotesis dengan analisis regresi dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Latar belakang pendidikan orang tua siswa kelas VIII SMP Islam Al-Badar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji regresi sederhana yang menunjukkan bahwa nilai probability < 0,05 yaitu 0,001 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 7,944 ≥ 2,021 (ttabel) yang artinya, Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun persamaan regresinya yaitu Y1 = 80,737 + 0,974 dengan bentuk hubungan positif. Sedangkan sumbangan efektif latar belakang pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa yaitu sebesar 62,4%. (2) Latar Belakang pendidikan orang tua terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa memiliki pengaruh yang signifikan. Hal itu dibuktikan dengan hasil uji analisis regresi sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai thitung sebesar -3,877 ≤ -2,021 (ttabel) yang artinya, Ho ditolak dan Ha diterima atau signifikan. Adapun persamaan regresinya yaitu Y2 = 72,707 – 0,693 dengan bentuk hubungan negatif. Sedangkan dari hasil uji determinasi, diperoleh nilai sebesar 0,283, yang artinya latar belakang pendidikan orang tua memberikan kontribusi pengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar 28,3%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Motivasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 126201202143 LAILATUR ROBIAH |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 07:25 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49221 |
Actions (login required)
View Item |