PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP TAHFIDZ MODERN LUBABUL FATTAH TUNGGULSARI

LITA DWI ANZHAROH, 126201203206 (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI HAFALAN AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI SMP TAHFIDZ MODERN LUBABUL FATTAH TUNGGULSARI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Hafalan Al-Qur’an Peserta Didik Di SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah Tunggulsari ini ditulis oleh Lita Dwi Anzharoh, Nim 126201203206, pembimbing Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahro’,S.Ag. M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, PAI, Menghafal Al-Qur’an. Minat peserta didik untuk hafalan Al-Qur’an saat ini berkurang kebanyakan dari mereka yang hafalan Al-Qur’an bukan atas kemauan diri sendiri melainkan dari paksaan orang tua, Pemberian motivasi saat hafalan Al-Qur’an sangat diperlukan bagi para penghafal Al-Qur’an agar dapat meningkatkan semangatnya. Mengenai hal tersebut guru PAI dan guru Tahfidz berperan sebagai motivator, fasilitator, dan evaluator bagi peserta didiknya. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik di SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah Tunggulsari? 2).Bagaimana Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik di SMP Tahfidz Modern Lubabul Fattah Tunggulsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data ,penyajian data,dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah 1).Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik yaitu dengan adanya dorongan yang berasal dalam diri siswa akan membuatnya lebih mudah dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai. Peserta didik yang mempunyai kesadaran atau kemauan didalam dirinya sendiri untuk hafalan Al-Qur’an, maka mereka akan mencapai hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan orang yang tidak mempunyai motivasi didalam dirinya sendiri atau hanya mengandalkan motivasi yang diberikan oleh orang lain. 2). Peran guru PAI dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik peserta didik yaitu guru berperan penting untuk memberikan motivasi kepada peserta didik agar peserta didik lebih semangat dalam hafalan Al-Qur’an. Selain memberikan semangat guru juga memberikan peringatan untuk melakukan muroja’ah. Untuk itu maka guru PAI harus menjalin komunikasi dengan pihak orang tua guna untuk mengawasi proses muroja’ah peserta didik ketika di rumah. Maka dari itu, guru dan orang tua harus bekerja sama demi kelancaran proses hafalan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203206 LITA DWI ANZHAROH
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:45
Last Modified: 29 Jul 2024 04:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49297

Actions (login required)

View Item View Item