KEGIATAN TARI KREASI UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA TANJUNG KALIDAWIR

RESTI DWI ANGGRAINI, 12206183049 (2023) KEGIATAN TARI KREASI UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK KASAR PADA KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA TANJUNG KALIDAWIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (414kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Kegiatan Tari Kreasi Untuk Menstimulasi Motorik Kasar pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir” ini ditulis oleh Resti Dwi Anggraini, NIM. 12206183049, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: M. Ridhlo Al Qodri Sri Utomo, M.A. Kata Kunci: Tari Kreasi, Motorik Kasar, Anak Usia 5-6 Tahun Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan tari kreasi di TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir yang merupakan kegiatan untuk menstimulasi motorik kasar pada anak. Kegiatan tari kreasi di TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir merupakan program pembiasaan, motorik kasar anak berkembang sangat bagus dalam proses stimulasi dengan kegiatan tari kreasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan tari kreasi untuk menstimulasi motorik kasar pada kelompok B di TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir. Untuk melengkapi hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan tari kreasi pada kelompok B di TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan tari kreasi pada kelompok B di TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan tari kreasi pada kelompok B di TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir?. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber Data dalam penelitian ini meliputi: 1) Orang (people) yaitu guru kelas dan guru tari; 2) Tempat (place) yaitu TK Dharma Wanita Tanjung Kalidawir; 3) Dokumentasi (paper) yaitu foto-foto kegiatan di TK. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan kegiatan tari kreasi untuk menstimulasi motorik kasar pada anak, guru menyiapkan materi tari, media, dan metode; 2) Pelaksanaan kegiatan tari kreasi untuk menstimulasi motorik kasar pada anak terdapat tiga tahap yaitu tahap pendahuluan yang diawali dengan do’a dan pemanasan, gerak dasar tari. Tahap inti guru memberi contoh gerakan tari dan anak menirukan gerakan tari. Tahap penutup, guru melakukan refleksi tanya jawab dan ditutup dengan do’a; 3) Evaluasi kegiatan tari kreasi untuk menstimulasi motorik kasar pada anak menggunakan checklist sesuai dengan indikator tari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183049 RESTI DWI ANGGRAINI
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:54
Last Modified: 29 Jul 2024 04:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49345

Actions (login required)

View Item View Item