IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG

ROSI OCTHARYNA PUTRI, 126210202094 (2024) IMPLEMENTASI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII MTsN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Model Contextual Teaching and Learning dalam Pembelajaran Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTsN 7 Tulungagung”. Ditulis oleh Rosi Octharyna Putri, Nim 126210202094, pembimbing Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd. Kata Kunci: Teks Cerita Fantasi, Menulis, Model Contextual Teaching and Learning Pemilihan model pembelajaran yang sesuai dapat berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran yang berlangsung. Salah satu model yang dipilih oleh guru untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menulis teks cerita fantasi adalah model Contextual Teaching and Learning. Penggunaan model Contextual Teaching and Learning sebagai model pembelajaran diharapkan mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat memberikan kualitas pembelajaran siswa secara keseluruhan. Fokus dari penelitian ini adalah perencanaan penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi bagi siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung, bagaimana pelaksanaan penggunaan model Contextual Teaching and Learning, serta evaluasi efektivitas model Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran menulis teks cerita fantasi di kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di MTsN 7 Tulungagung. Objek penelitian ini adalah model Contextual Teaching and Learning. Penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data. Analisis dalam penelitian ini dengan cara mengolah data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa guru menyiapkan modul ajar, media yang akan digunakan, serta metode pengajaran yang akan diterapkan di kelas. Ketika pelaksanaan, guru memulai pelajaran dengan doa, kemudian dilanjutkan dengan pengecekan kehadiran siswa, dan menyampaikan materi pelajaran. Tahap evaluasi dilakukan untuk menilai apakah model Contextual Teaching and Learning efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Bentuk penilaiannya adalah dengan memberikan tugas kepada siswa untuk membuat teks cerita fantasi berdasarkan cerita dari buku siswa atau internet yang telah mereka amati. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran menulis teks cerita fantasi ternyata sudah sesuai dengan modul ajar yang dibuat oleh guru. Siswa tidak hanya mampu memahami materi dengan lebih baik, tetapi juga lebih termotivasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210202094 ROSI OCTHARYNA PUTRI
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:49
Last Modified: 30 Jul 2024 01:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49361

Actions (login required)

View Item View Item