SUHAYLA FAHIMATUL AHMAD, 126402203214 (2024) STRATEGI PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI ETIKA BISNIS ISLAM PADA INDUSTRI HAND MADE (HM) MEBEL KALIDAWIR DI DESA KALIDAWIR KECAMATAN KALIDAWIR KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (136kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (294kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (255kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (557kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Ditinjau dari Etika Bisnis Islam Pada Industri Hand Made (HM) Mebel Kalidawir di Desa Kalidawir Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung” ditulis oleh Suhayla Fahimatul Ahmad, NIM 126402203214, yang dibimbing oleh Dr. Mochammad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan antar usaha yang semakin ketat dan konsumen yang semakin kritis mengharuskan pelaku usaha untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan strategi pelayanan dan etika bisnis Islam yang sesuai diharapkan perusahaan mampu berjalan dengan optimal dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penulis memilih Industri Hand Made (HM) Mebel Kalidawir dengan alasan bahwa industri ini adalah salah satu dari sekian banyak industri yang menempatkan tujuannya dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi pelayanan Hand Made (HM) Mebel Desa Kalidawir untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan (2) bagaimana penerapan etika bisnis Islam pada Hand Made (HM) Mebel Desa Kalidawir untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan strategi pelayanan yang diterapkan Hand Made (HM) Mebel Desa Kalidawir dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dan (2) mendeskripsikan etika bisnis Islam yang diterapkan Hand Made (HM) Mebel Desa Kalidawir dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) industi Hand Made (HM) Mebel Desa Kalidawir menggunakan strategi pelayanan berupa pemberian produk dengan kualitas dan mutu yang terbaik, memberikan prioritas dalam pelayanan dan penepatan janji dalam pengerjaan pesanan, pelayanan yang baik, cepat, dan ketepatan waktu dalam pemenuhan pesanan, menerima perbaikan produk agar sesuai pesanan, dan menjalin hubungan baik dan komunikasi yang dilakukan secara rutin dengan pelanggan. (2) Sedangkan pandangan etika bisnis Islam yang sesuai terhadap strategi pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan yang meliputi sikap gotong-royong dan tidak adanya syarat-syarat yang sulit bagi karyawan, memberikan produk dengan harga dan kualitas yang sesuai, melakukan inovasi, bertanggung jawab terhadap pesanan dengan melakukan pencatatan pada setiap transaksi, dan kejujuran dalam melayani pesanan. Kata Kunci: Strategi Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Etika Bisnis Islam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Etika Bisnis Ekonomi > Konsumen Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | 126402203214 SUHAYLA FAHIMATUL AHMAD |
Date Deposited: | 30 Jul 2024 03:18 |
Last Modified: | 30 Jul 2024 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49392 |
Actions (login required)
View Item |