PENGARUH METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SRENGAT

ALDA FARIHANA, 126210201004 (2024) PENGARUH METODE CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SRENGAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilandasi oleh kesulitan siswa dalam memunculkan ide ketika pembelajaran menulis teks prosedur. Siswa masih kurang menguasai perbendaharaan kosakata dan penyusunan kalimat sehingga karya yang dibuat siswa masih kurang orisinal karena meniru dari buku dan teks yang disusun penulis lain. Dari adanya permasalahan tersebut, dapat memicu guru untuk membuat inovasi dan variasi pembelajaran dengan menggunakan metode yang menarik. Salah satu metodenya adalah metode Crossword Puzzle atau teka-teki silang. Metode tersebut merupakan salah satu inovasi belajar yang menyenangkan yang membuat siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran dengan permainan yang mengharuskan siswa berpikir kritis untuk menyelesaikan teka-teki yang ada. Penelitian ini membahas mengenai pengaruh metode Crossword Puzzle terhadap keterampilan menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode Crossword Puzzle terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII di SMPN 1 Srengat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental atau eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Srengat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 64 siswa yang terdiri dari dua kelas, terdiri dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan metode Crossword Puzzle dan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan metode Crossword Puzzle. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa pertimbangan tertentu. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tulis yang diberikan dalam bentuk pretest dan posttest. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis deskriptif dan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (independent sample t test). Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata dari kelas eksperimen sebesar 82,03 yang lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 76,41. Selain itu, pada hasil uji hipotesis pada posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Sig. 2-tailed 0,012 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak (Ha). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara penerapan metode Crossword Puzzle terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur di SMPN 1 Srengat. Jadi, dapat diketahui bahwa penggunaan metode Crossword Puzzle dapat memengaruhi peningkatan keterampilan siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 126210201004 Alda Farihana
Date Deposited: 30 Jul 2024 04:23
Last Modified: 30 Jul 2024 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49422

Actions (login required)

View Item View Item