PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR IPAS DI MIN 3 TULUNGAGUNG

DIVA AULIA VIRANDA, 126205202103 (2024) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR IPAS DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer Terhadap Keterampilan Bertanya dan Hasil Belajar IPAS di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Diva Aulia Viranda NIM 126205202103, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci : Giving Question and Getting Answer (GQGA), keterampilan bertanya, hasil belajar, IPAS Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang cenderung rendah serta proses pembelajaran di kelas yang berlangsung pasif, materi lebih banyak disampaikan oleh guru tanpa melibatkan interaksi antara guru dengan siswa, sehingga siswa sering merasa bosan karena hanya mendengarkan atau mencatat materi pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan variasi strategi pembelajaran yang tepat. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dengan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap keterampilan bertanya siswa, (2) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa, (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 3 Tulungagung, siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol, siswa kelas V-C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V-B sebagai kelas uji instrumen. Metode pengumpulan data menggunakan tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Uji analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t-test, dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap keterampilan bertanya siswa ditunjukkan dengan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05, (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05, (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai sig. 0.000 ≤ 0.05. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) memiliki pengaruh terhadap keterampilan bertanya dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202103 DIVA AULIA VIRANDA
Date Deposited: 30 Jul 2024 06:54
Last Modified: 30 Jul 2024 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49454

Actions (login required)

View Item View Item