PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CONSUMER REVIEW DI MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM

RAHMA KHOIRUN NISA' KAMILATI, 126101201002 (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CONSUMER REVIEW DI MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

Rahma Khoirun Nisa’ Kamilati, NIM 126101201002, Perlindungan Hukum Terhadap Consumer Review di Media Sosial ditinjau dari Hukum Positif dan Hukum Islam. Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2024, Pembimbing : Septi Wulan Sari, S.Sy., M.H. Kata Kunci : Consumer Review, Media Sosial, Perlindungan Hukum, Pelaku Usaha, Konsumen Consumer Review di media sosial merupakan penilaian, pendapat, atau ulasan secara online tentang produk dan/atau jasa yang telah diterima konsumen, sehingga konsumen lain dapat melihat penilaian tersebut sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan pembelian. Namun, dewasa ini kegiatan consumer review di media sosial menimbulkan pro dan kontra di masyarakat karena dianggap telah mencemarkan nama baik seseorang. Walaupun konsumen memiliki hak, tetapi ada batasan dalam melakukan review. Hal ini berkenaan dengan kesetaraan dan perlindungan bagi konsumen dengan pelaku usaha. Rumusan dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perlindungan hukum Consumer Review di Media Sosial ditinjau dari hukum positif?, 2) Bagaimana perlindungan hukum Consumer Review di Media Sosial ditinjau dari hukum Islam?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perlindungan hukum Consumer Review di Media Sosial dalam tinjauan hukum positif., 2) Untuk mendeskripsikan perlindungan hukum Consumer Review di Media Sosial dalam tinjauan hukum Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif atau disebut juga penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan peraturan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach), sehingga data yang digali berasal dari peraturan perundang-undangan, kaidah hukum, buku teks, karya tulis kalangan hukum, dan kamus hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam menjawab problematika adalah dengan metode kepustakaan dan dokumentasi melalui langkah pengumpulan literatur, pencatatan, menelaah, mengkaji dan klarifikasi terhadap data penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif berupa Kondensasi Data (Data Condensation), Display data atau penyajian data, dan gambaran kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Perlindungan hukum positif terhadap consumer review di media sosial tertera dalam Pasal 4 huruf d UU No.8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen, Pasal 27 Ayat 3 UU No. 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), dan Pasal 310 dan Pasal 311 ayat 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana dengan syarat delik aduan. 2) Perlindungan hukum Islam terhadap consumer review di media sosial dibatasi dengan etika bisnis islam yang mengedepankan prinsip dasar kejujuran (shiddiq), prinsip bertanggung jawab (amanah), prinsip menyampaikan (tabligh), dan prinsip cerdas (fathonah). Meskipun penerapannya saat ini belum optimal, namun keempat sifat ini diharapkan mampu berjalan seiringan antara pelaku usaha dan konsumen agar kedepannya tercipta transaksi dan hubungan bisnis yang sama adil dan tidak merugikan satu sama lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Perlindungan Hukum
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201002 RAHMA KHOIRUN NISA' KAMILATI
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:48
Last Modified: 01 Aug 2024 02:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49480

Actions (login required)

View Item View Item