ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELEAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG

NINIS KURNIA RAHAYU, 126204203179 (2024) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELEAIKAN SOAL CERITA MATERI SPLDV KELAS VIII DI SMPN 2 NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Literasi matematis merupakan salah satu ketrampilan abad-21 yang penting dimiliki oleh siswa dalam sebuah proses pembelajaran matematika. Kemampuan literasi matematis meliputi kemampuan untuk merumuskan, menerapkan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Literasi matematis sangat penting dimiliki siswa karena literasi matematis dapat meningkatkan pemahaman dan penalaran siswa terhadap suatu masalah matematika. Tinggi rendahnya kemampuan literasi matematis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perbedaan dalam menyelesaikan masalah terutama dalam materi SPLDV. Materi SPLDV berupa soal cerita merupakan materi yang sangat erat kaitannya dalam permasalahan sehari-hari yang membutuhkan kemampuan literasi matematis untuk menyelesaikannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan kategori tinggi dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV di SMPN 2 Ngantru Tulungagung, 2) Mendeskripsikan kemampuan literai matematis siswa dengan kategori sedang dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV di SMPN 2 Ngantru Tulungagung, 3) Mendeskripsikan kemampuan literai matematis siswa dengan kategori rendah dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV di SMPN 2 Ngantru Tulungagung. Jenis penelitian adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa kelas VIII-A SMPN 2 Ngantru Tulungagung dengan pengelompokkan 2 siswa dengan kategori tinggi, 2 siswa dengan kategori sedang dan 2 siswa dengan kategori rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi, pemerikaan teman sejawat melalui diskusi dan ketekunan pengamat. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Siswa dengan kategori tinggi cenderung memiliki kemampuan literasi matematis yang baik dimana ia mampu memenuhi semua indikator kemampuan literasi matematis ( Merumusakan, Menggunakan, dan Menafsirkan ) dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV, 2) Siswa dengan kategori sedang cenderung memiliki kemampuan literasi matematis yang cukup dimana ia mampu memenuhi 2 indikator kemampuan literasi matematis (Merumuskan dan Menggunakan) dalam menyelesaikan soal cerita SPLDV, 3) Siswa dengan kategori rendah cenderung memiliki kamampuan literasi yag kurang dimana ia hanya memenuhi satu idikator kemampuan literasi matematis (Merumuskan) dalam menyelesaiakan soal cerita SPLDV.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203179 NINIS KURNIA RAHAYU
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:54
Last Modified: 31 Jul 2024 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49542

Actions (login required)

View Item View Item