UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 5 TULUNGAGUNG

MUHAMAD IQBAL RIFAI, 126201202135 (2024) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MTS NEGERI 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (850kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (777kB)

Abstract

Rifai, Muhamad Iqbal. 2024. Upaya Guru Akidah Akhlak dalam Penguatan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik di MTs Negeri 5 Tulungagung. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom., M. Pd.I. NIP. 199007142023211024. Kata Kunci : Upaya Guru, Penguatan Pendidikan Karakter, Religius Penguatan pendidikan karakter dewasa ini sangat relevan untuk dilakukan mengingat tingginya dekadensi moral yang terjadi belakangan ini dikalangan remaja. Perlu adanya upaya guru sebagai tenaga pendidik di lingkungan pendidikan untuk memberikan penguatan pendidikan karakter religius. Guru harus membekali peserta didik dengan pendidikan karakter religius mulai dari segi pengetahuan, perasaan, maupun tindakan. Fokus penelitian terdiri dari: (1) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam penguatan pendidikan karakter religius secara aspek pengetahuan (moral knowing) bagi peserta didik di MTsN 5 Tulungagung, (2) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam penguatan pendidikan karakter religius secara aspek perasaan (moral feeling) bagi peserta didik di MTsN 5 Tulungagung, (3) Bagaimana upaya guru akidah akhlak dalam penguatan pendidikan karakter religius secara aspek tindakan (moral action) bagi peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. Tujuan penelitian adalah (1) Mendeskripsikan upaya guru akidah akhlak dalam penguatan pendidikan karakter religius secara aspek pengetahuan (moral knowing) bagi peserta didik di MTsN 5 Tulungagung, (2) Mendeskripsikan upaya guru akidah akhlak dalam penguatan pendidikan karakter religius secara aspek perasaan (moral feeling) bagi peserta didik di MTsN 5 Tulungagung, (3) Mendeskripsikan upaya guru akidah akhlak dalam penguatan pendidikan karakter religius secara aspek tindakan (moral action) bagi peserta didik di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui serangkaian langkah yakni uji kepercayaan (credibility), uji keteralihan (tranferability), uji kebergantungan (dependability), dan uji kepastian (confirmability). Hasil penelitian diperoleh antara lain: (1) Penguatan pendidikan karakter religius secara aspek pengetahuan dilakukan guru akidah akhlak di MTsN 5 Tulungagung dengan cara pemberian materi akidah akhlak dan keteladanan. Materi yang diberikan berkaitan dengan akhlak terpuji yang meliputi; husnuzhon, tawadlu’, tasamuh, ta’awun dan akhlak tercela meliputi: dendam, ghibah, hasud, fitnah, namimah. (2) Secara aspek perasaan penguatan pendidikan karakter religius di dilakukan melalui pemberian penguatan-penguatan dan menjalin kerjasama dengan wali santri. Penguatan yang diberikan berupa motivasi, nasehat, dan apresiasi oleh guru kepada peserta didik. Adapun bentuk kerjasama dengan walisantri melalui pembentukan paguyuban kelas dan pertemuan rutin setiap tahun. (3) Penguatan pendidikan karakter religius secara tindakan dilakukan dengan program pembiasaan dan jurnal kegiatan madrasah. Program pembiasaan mencakup pembiasaan spontan dan rutinitas kegiatan. Pembiasaan spontan seperti mengucapkan salam, senyum dan menyapa teman atau guru, dan berdo’a awal pembelajaran. Sedangkan pembiasaan rutinitas meliputi penyambutan kedatangan peserta didik setiap pagi oleh guru, shalat dhuha secara terjadwal, shalat dhuhur berjamaah, dan upacara bendera. Adapun jurnal kegiatan sebagai laporan peserta didik atas bukti kegiatan/ pelaksanaan tugas saat di rumah dalam waktu tertentu seperti di Bulan Ramadhan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202135 MUHAMAD IQBAL RIFAI
Date Deposited: 06 Aug 2024 04:15
Last Modified: 06 Aug 2024 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49547

Actions (login required)

View Item View Item