تدريس اللغة العربية في مهارة الكلام بكتاب دروس اللغة العربية لغبر الناطقين بها لدى طلاب صف الثامن بمدرسة الإمام الشافعي تولونج أجونج

HANIF ABDULLOH, 126202203073 (2024) تدريس اللغة العربية في مهارة الكلام بكتاب دروس اللغة العربية لغبر الناطقين بها لدى طلاب صف الثامن بمدرسة الإمام الشافعي تولونج أجونج. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (489kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (593kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh penggunaan buku durusul lughah al-arabiyah lighairi natiqin biha untuk pembelajaran bahasa Arab di madrasah Imam Syafi’I Tulungagung. Dan diketahui bahwasanya salah satu ketrampilan dalam bahasa Arab adalah ketrampilan berbicara, dan diketahui bahwasa maharah kalam pada buku durusul lughah al-arabiyah lighairi natiqin biha tidak terlihat dalam jumlah yang banyak pada soal-soal latihannya. Oleh sebab itu peneliti mengambil judul yang disebutkan untuk mengetahui cara pembelajaran maharah kalam dengan buku tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengajaran keterampilan berbicara dalam buku “durusul lughah al-arabiyah lighairi natiqin biha” di kelas VIII madrasah Imam Syafi’i Tulungagung. (2) Untuk mengetahui tantangan-tantangan yang ada dalam proses pengajaran keterampilan berbicara dalam buku “durusul lughah al-arabiyah lighairi natiqin biha” di kelas VIII madrasah Imam Syafi’i Tulungagung. (3) Untuk mengetahui solusi dari tantangan yang ada dalam proses pengajaran keterampilan berbicara dalam buku “durusul lughah al-arabiyah lighairi natiqin biha” di kelas delapan madrasah Imam Syafi’i Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas delapan madrasah Imam Syafi’i Tulungagung. analisis data menggunakan deskripsi pada tiga metode sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber digunakan untuk memeriksa keabsahan data. Hasil dari penelitian adalah: Mempelajari keterampilan berbicara pada buku terdapat pada materi dialog, dan metode pembelajaran yang digunakan adalah metode drill. Tantangan yang ada adalah perbedaan kemampuan pemahaman pelajaran antar siswa, lelah dan kurangnya minat siswa, bermain pada waktu belajar, dan rasa bosan pada waktu belajar. solusi atas tantangan tersebut adalah: memberikan perhatian lebih kepada siswa, motivasi dan memberikan reward atau punishment, serta menggunakan permainan belajar untuk mengubah suasana kelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Buku
Bahasa Dan Sastra > Speaking
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 126202203073 HANIF ABDULLOH
Date Deposited: 06 Aug 2024 03:24
Last Modified: 06 Aug 2024 03:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49553

Actions (login required)

View Item View Item