PENGARUH KONTEN INSTAGRAM LEMBAGA BAZNAS KABUPATEN TULUNGAGUNG (@baznaskabtulungagung) TERHADAP PENGAMALAN ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH (ZIS) BAGI FOLLOWERSNYA

AHMAD FAUZI ASSHIDQI, 126404201004 (2024) PENGARUH KONTEN INSTAGRAM LEMBAGA BAZNAS KABUPATEN TULUNGAGUNG (@baznaskabtulungagung) TERHADAP PENGAMALAN ZAKAT INFAK DAN SEDEKAH (ZIS) BAGI FOLLOWERSNYA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (714kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Konten Instagram Lembaga BAZNAS Kabupaten Tulungagung (@baznaskabtulungagung) Terhadap Pengamalan ZIS Bagi Followersnya” yang ditulis oleh Ahmad Fauzi Asshidqi, NIM. 126404201004, Jurusan Bisnis dan Manajemen. Prodi Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan pembimbing Prof. Dr. H. Dede Nurohman, M.Ag Penelitian ini dilatar belakangi dari jumlah 18,9% pengguna media sosial dari total penduduk 246,16 juta orang di Indonesia, dapat menjadi peluang bagi BAZNAS untuk menjaring calon muzakki secara masal. Media sosial Instagram sebagai sarana berdakwah adalah suatu hal yang baru, melalui postingan yang berupa informasi mengenai seputar ZIS dan juga disertakan open donasi bagi yang mau membayar ZIS diharapkan menjadi salah satu cara yang efektif menarik atensi para calon muzakki. Penilitian ini akan mengungkapkan tujuan yang akan dicapai yaitu untuk mengetahui pengaruh konten media sosial Instagram BAZNAS Kab.Tulungagung @baznaskabtulungagung terhadap pengamalan ZIS bagi followersnya dengan memfokuskan pada mengetahui penilaian followers terhadap konten instagram @baznaskabtulungagung, mengetahui bagaimana pengaruh konten Instagram terhadap pengamalan ZIS followers, dan mengetahui interpretasi pengaruh konten instagram @baznaskabtulungagung terhadap pengamalan ZIS followersnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan data primer yang mana adalah jawaban dari responden kuisioner dengan jumlah 95 sampel yang diambil dari followers akun Instagram @baznaskabtulungagung. Metode analisis data penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konten Instagram @baznaskabtulungagung berpengaruh terhadap pengamalan zakat, infak, sedekah (ZIS) bagi followers. Hal ini diambil dari konten Instagram BAZNAS Kabupaten Tulungagung (@baznaskabtulungagung) yang telah dikemas sebaik mungkin dan dinilai baik oleh para followers, kecenderungan followers untuk mengamalkan ZIS yang tinggi karena konten yang dikemas dengan baik dan memenuhi kebutuhan followers. strategi mengunkan media sosial Instagram berpengaruh postif untuk mengedukasi dan menyadarkan ZIS bagi followers. Kata Kunci: Instagram, BAZNAS, Zakat, Infak, Sedekah (ZIS)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf
Depositing User: 126404201004 AHMAD FAUZI ASSHIDQI
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:39
Last Modified: 31 Jul 2024 03:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49574

Actions (login required)

View Item View Item