DINI ROSYADA HIMSATUZ ZAHWA, 126204201033 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DENGAN MEDIA KOKAMI TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (699kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (166kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (185kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (218kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Media KOKAMI terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung ini ditulis oleh Dini Rosyada Himsatuz Zahwa (NIM. 126204201033), Program Studi Tadris Matematika, Jurusan Ilmu Keguruan, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Talking Stick, Media KOKAMI, Keaktifan, Hasil Belajar. Dalam mencapai tujuan pembelajaran saat ini banyak tantangan dan hambatannya, seperti kurangnya kepercayaan diri/keyakinan diri peserta didik dalam belajar matematika, kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, serta hasil belajar matematika peserta didik dinilai kurang memuaskan. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran talking stick dengan media KOKAMI untuk melihat kaitannya dengan keaktifan dan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran talking stick dengan media KOKAMI terhadap keaktifan peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (2) Mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick dengan media KOKAMI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. (3) Mengetahui ada atau tidak ada pengaruh model pembelajaran talking stick dengan media KOKAMI terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas, uji prasyarat dengan uji homogenitas dan uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dan uji MANOVA. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick dengan media KOKAMI terhadap keaktifan peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Independent Sample T-test yang menunjukkan t_hitung=16,302> t_tabel=1,708 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran talking stick dengan media KOKAMI terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Independent Sample T-test yang menunjukkan t_hitung=10,863> t_tabel=1,708 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Talking Stick dengan media KOKAMI terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung dengan p value atau sig. 0,000 < 0,05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204201033 DINI ROSYADA HIMSATUZ ZAHWA |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 02:07 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 02:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49636 |
Actions (login required)
View Item |