PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

AGUS MUHAMMAD JAZULI, 12201173368 (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMAN 1 CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Kompetensi Pedagogik dan Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMAN 1 Campurdarat Tulungagung’’, ini ditulis oleh Agus Muhammad Jazuli (12201173368) Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si. Kata Kunci : Kompetensi, Pedagogik, Kepribadian, Motivasi Kompetensi pedagogik dan kepribadian guru menjadi faktor yang sangat menunjang peningkatan kualitas sekolah. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan yang dimulai dari pembenahan kemampuan guru mengelola pembelajaran dan kemampuan guru menjadi teladan bagi siswa, pemahaman karakteristik siswa akan membantu siswa untuk mengoptimalkan potensi yang dimilikinya sehingga dapat mengoptimalkan proses belajar mengajar, dilandasi dengan keingintauhan peneliti tentang seberapa besar pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa, peneliti melakukan pengamatan pra penelitian yang menunjukkan kondisi kelas saat pembelajaran PAI sangat tidak kondusif seperti padatnya jadwal mengajar, siswa yang kurang menghargai guru dan kurangnya kedisiplinan siswa. Selain itu, kurangnya pengelolaan kelas oleh guru, sehingga siswa suka ramai dan terkadang tidak memperhatikan pelajaran. Faktor-faktor tersebutlah yang menjadi penghambat guru tersebut dalam mempersiapkan kegiatan belajar mengajar, sehingga motivasi belajar siswa dapat menurun. Hal tersebut yang melatarbelakangi peneliti memilih SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. 2) Mengetahui pengaruh persepsi kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. 3) Mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan persepsi kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif asosiatif dan menggunakan Uji t dan Uji f. Adapun tempat penelitiannya di SMA Negeri 1 Campurdarat Tulungagung. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode: 1) Angket atau kuesioner, yaitu untuk mengumpulkan data mengenai persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru dan persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru; 2) Observasi, yaitu untuk mengetahui karakter siswa dan data-data pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar termasuk dalam kriteria “tinggi” dimana diperoleh nilai koefisien regresi dengan Sig sebesar 0,007 < 0.05. Pada taraf signifikansi 5%, dan diketahui thitung sebesar 3.593 dengan nilai ttable sebesar 1.668 dengan sumbangsih pengaruh sebesar 40.4%. 2) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar termasuk dalam kriteria “sedang” dimana diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,000. Pada taraf signifikansi 5%, dapat diketahui thitung sebesar 2.237 dengan nilai ttable sebesar 1.668 dan nilai sumbangsih sebesar 23.2%. 3) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru terhadap motivasi belajar dengan nilai sig sebesar 0.001 lebih kecil dari 0.05, dan fhitung sebesar 3.161 lebih besar dari ftable 3.12 dengan sumbangsih pengaruh sebesar 21,4%. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik dan kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201173368 AGUS MUHAMMAD JAZULI
Date Deposited: 22 Nov 2024 02:08
Last Modified: 22 Nov 2024 02:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49704

Actions (login required)

View Item View Item