PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA RELIGI (ULTRAGI) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DARUL MUSTHOFA KAMPUNG BARU NGANJUK

FITRIA BINTI MUALIPA, 126206201017 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA RELIGI (ULTRAGI) UNTUK MENINGKATKAN ASPEK AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM DARUL MUSTHOFA KAMPUNG BARU NGANJUK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Mualipa, Fitria Binti.2024. “Pengembangan Media Ular Tangga Religi ULTRAGI untuk Aspek Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKI Darul Musthofa Kampung Baru Tanjunganom”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Hafidz Rosyidiana, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Agama dan Moral, Anak Usia 5-6 Tahun Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan produk media pembelajaran Ular Tangga Religi untuk aspek agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TKI darul Musthofa Kampung Brau Nganjuk. Media berperan penting dalam proses belajar mengajar, media sebagai alat perantara atau jembatan dalam menyampaikan materi. Berdasarkan hasil observasi di TKI Darul Musthofa Kelompok B media yang digunakan pada proses pembelajaran berupa gambar dan Lembar Kerja Anak (LKA), beberapa anak cenderung bosan dan kurang memperhatikan yang dijelaskan guru. Maka dibutuhkan Solusi yang dijadikan alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran tambahan sebagai alat bantu yang dapat mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) mendiskripsikan pengembangan media ular tangga religi untuk aspek agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TKI Darul Musthofa Kampung Baru Nganjuk, 2) mengetahui respon anak terhadap media ular tangga religi, 3) Mengetahui kelayakan media ular tangga teligi dalam meningkatkan nilai agama dan moral anak usia 5-6 tahun di TKI Darul Musthofa Kampung Baru Nganjuk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan/ Reseach and Development (RnD) dengan merujuk pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik pengumpulan menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diantaranya: 1) media ular tangga religi berbentuk cetak banner berukuran 200 cm x 200 cm yang terdiri dari 25 petak yang dikombinasikan dengan warna yang menarik. Media ular tangga ini dilengkapi dengan kartu langkah, kartu soal, kartu jawaban, petunjuk permainan dan dadu. 2) respon peserta didik terhadap media ular tangga religi berdasarkan uji coba perorangan didapatkan respon “Ya” adalah 73,5% dan respon “Tidak” adalah 11,25% atau termasuk dalam kategori “Menarik”. 3) media ular tangga religi layak digunakan dalam meningkatkan aspek agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun dibuktikan dengan dengan validasi ahli materi 87,5% (sangat valid), validasi ahli bahasa 75% (valid), validasi ahli media 75% (valid), uji kelompok besar 69.16 % (valid) dan uji coba kelompok kecil 80% (sangat valid).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 126206201017 FITRIA BINTI MUALIPA
Date Deposited: 02 Aug 2024 08:47
Last Modified: 02 Aug 2024 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50039

Actions (login required)

View Item View Item