ARINIL HIKMAH ZANJABILA, 126210202051 (2024) ANALISIS STRUKTUR DAN FUNGSI BAHASA INFORMASI PADA VIDEO IKLAN RUANG GURU TAHUN 2022 DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN TEKS IKLAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (630kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (460kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (830kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (864kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (694kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (807kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Struktur dan Fungsi Bahasa Informasi pada Video Iklan Ruang Guru Tahun 2022 dan Relevansinya dalam Pembelajaran Teks Iklan” ditulis oleh Arinil Hikmah Zanjabila, 126210202051. Dosen pembimbing skripsi Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata kunci: iklan Ruang Guru, pembelajaran teks iklan, struktur dan fungsi bahasa informasi. Ruang Guru adalah platform belajar yang didirikan untuk membantu siswa dalam meningkatkan prestasi belajar. Ruang Guru menyediakan berbagai fitur belajar yang memudahkan siswa dalam memahami materi. Adapun fitur yang terdapat pada Ruang Guru antara lain English Academy, UTBK Center, Konsep Kilat,dll. Ruang Guru merupakan salah satu ruang digital yang menggunakan iklan sebagai media untuk mempromosikan layanan dan fitur yang dimilikinya. Iklan Ruang Guru disajikan secara menarik mulai dari struktur bahasa, animasi, pengisi suara,dll. Untuk itu, penelitian ini akan menganalisis dan mendeskripsikan struktur dan fungsi bahasa informasi iklan Ruang Guru. Pembelajaran teks iklan masih menggunakan materi yang terdapat pada buku paket sehingga kurang menarik dan efektif. Untuk itu, diperlukan referensi materi teks iklan yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat direlevansikan dalam pembelajaran teks iklan kelas VIII. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan fungsi bahasa informasi pada iklan Ruang Guru serta relevansi dengan pembelajaran teks iklan. Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu bagaimana struktur dan fungsi bahasa informasi pada iklan Ruang Guru? Bagaimana relevansi antara struktur dan fungsi bahasa informasi iklan Ruang Guru dengan pembelajaran teks iklan?. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu teknik dokumentasi berupa simak catat. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) struktur dan fungsi bahasa informasi dalam iklan Ruang Guru berjumlah 75 struktur bahasa dan 11 fungsi bahasa informasi. Adapun 75 struktur bahasa terdiri dari Morfologi, sintaksis, kata baku dan semantik. 2) Hasil penelitian tentang struktur iklan Ruang Guru dapat dijadikan referensi materi pembelajaran teks iklan kelas VIII. Hal tersebut berdasarkan pada wawancara dengan guru bahasa Indonesia kelas VIII yang mengatakan bahwa struktur iklan Ruang Guru dapat dijadikan bahan materi pembelajaran teks iklan. Adapun guru Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Sumbergempol Tulungagung telah menggunakan berbagai sumber lain selain buku paket Bahasa Indonesia dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini dapat mendukung referensi guru Bahasa Indonesia kelas VIII.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202051 ARINIL HIKMAH ZANJABILA |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:43 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50106 |
Actions (login required)
View Item |