CHOIRUN NISA', 126204202084 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA DI KELAS VIII MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (707kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (577kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (137kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika karena dominasi model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang memfasilitasi partisipasi aktif siswa dan mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis mereka. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media GeoGebra merupakan solusi yang tepat. PBL memungkinkan siswa terlibat dalam pemecahan masalah nyata yang memerlukan pemikiran kritis, sementara GeoGebra memberikan visualisasi interaktif untuk menjelajahi konsep matematika secara lebih konkret. Dengan demikian, kombinasi antara PBL dan GeoGebra dapat efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, dan (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar yang berjumlah 359 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, dan (2) besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar dari hasil perhitungan menggunakan effect size dari Cohen’s adalah sebesar 0,64 yang termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Geometri Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202084 CHOIRUN NISA' |
Date Deposited: | 08 Aug 2024 07:25 |
Last Modified: | 08 Aug 2024 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50122 |
Actions (login required)
View Item |