PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA DI KELAS VIII MTSN 2 KOTA BLITAR

CHOIRUN NISA', 126204202084 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA DI KELAS VIII MTSN 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika karena dominasi model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang memfasilitasi partisipasi aktif siswa dan mendorong pengembangan kemampuan berpikir kritis mereka. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media GeoGebra merupakan solusi yang tepat. PBL memungkinkan siswa terlibat dalam pemecahan masalah nyata yang memerlukan pemikiran kritis, sementara GeoGebra memberikan visualisasi interaktif untuk menjelajahi konsep matematika secara lebih konkret. Dengan demikian, kombinasi antara PBL dan GeoGebra dapat efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, dan (2) untuk mengetahui besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar yang berjumlah 359 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel Purposive Sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII A dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G dengan jumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar, dan (2) besar pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi garis singgung lingkaran berbantuan media GeoGebra di kelas VIII MTsN 2 Kota Blitar dari hasil perhitungan menggunakan effect size dari Cohen’s adalah sebesar 0,64 yang termasuk dalam kategori sedang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202084 CHOIRUN NISA'
Date Deposited: 08 Aug 2024 07:25
Last Modified: 08 Aug 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50122

Actions (login required)

View Item View Item