ASMAUS SHOLIHAH, 126205201036 (2024) Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (652kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul "Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame", ditulis oleh Asmaus Sholihah, NIM.126205201036, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Pembimbing Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci: Quizizz, IPAS, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah mengenai evaluasi pembelajaran menggunakan kertas tidak ada peningkatan terhadap hasil belajar. Sehingga dibutuhkan alat evaluasi yang bervariasi dan menarik disertai dengan adanya perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan maka peneliti mengembangkan alat evaluasi dengan menggunakan aplikasi Quizizz. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengembangan alat evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS menggunakan aplikasi Quizizz di Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame. Tujuan penelitian yaitu (1) Menjelaskan analisis kebutuhan dan desain produk pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizziz pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, (2) Menjelaskan proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran IPAS kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame, (3) Menjelaskan implementasi dan efektifitas pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizziz pada pembelajaran IPAS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame. Penelitian menuggunakan model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan yang terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes, angket, dan observasi. Data analisis digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dengan perhitungan menggunakan Microsoft Exel dan SPSS, menampilkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) analisis kebutuhan dan desain produk pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizziz pada pembelajaran IPAS kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame dilakukan pada website Quizizz, (2) proses pengembangan alat evaluasi pembelajaran IPAS kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame yang pertama dilakukan dengan pembuatan produk, uji validasi ahli, dan revisi produk, (3) implementasi dan efektifitas pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi Quizziz pada pembelajaran IPAS Kelas IV MI Hidayatul Mubtadiin Sukorame dilakukan dengan cara uji normalitas, uji homogen, dan uji t (uji hipotesis) dengan menggunakan SPSS
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205201036 ASMAUS SHOLIHAH |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:44 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50162 |
Actions (login required)
View Item |