PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCUSSION GROUP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR

HAYYINA WINDA TSANIYA, 126209201004 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCUSSION GROUP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Discussion Group Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan” disusun oleh Hayyina Winda Tsaniya, NIM.126209201004, pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan sisws kurang termotivasi dan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksikan sendiri pengetahuannya, salah satunya adalah Metode Discussion Group. Metode ini dikembangkan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan, ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Metode Discussion Group sangat baik digunakan untuk melibatkan siswa dalam mengulang materi Pelajaran yang telah disampaikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pengaruh penggunaan Metode Discussion Group terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan? (2) Bagaimana pengaruh penerapan Metode Discussion Group terhadap hasil belajar sswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian yakni siswa kelas VIII MTs Darussalam Kademangan. Sampel yang digunakan yakni 52 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah angket dan tes. Sedangkan untuk mengukur keduanya menggunakan uji instrument validitas dan rehabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil dari penelitian yang dilakukan di MTs Darussalam Kademangan mulai tanggal 25 samapai 30 April 2024 adalah sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Discussion Group terhadap motivasi belajar. Hal ini di buktikan dengan hasil uji T-test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan0.001 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Discussion Group terhadap hasil belajar. Hal ini di buktikan dengan hasil uji T-test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan0.000 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209201004 HAYYINA WINDA TSANIYA
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:26
Last Modified: 28 Aug 2024 07:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50188

Actions (login required)

View Item View Item