HAYYINA WINDA TSANIYA, 126209201004 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISCUSSION GROUP TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTS DARUSSALAM KADEMANGAN BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
BAB VI .pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Metode Discussion Group Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan” disusun oleh Hayyina Winda Tsaniya, NIM.126209201004, pembimbing Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pembelajaran banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan sisws kurang termotivasi dan hasil belajarnya rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat mengkonstruksikan sendiri pengetahuannya, salah satunya adalah Metode Discussion Group. Metode ini dikembangkan untuk melatih siswa agar memiliki kemampuan, ketrampilan bertanya dan menjawab pertanyaan. Metode Discussion Group sangat baik digunakan untuk melibatkan siswa dalam mengulang materi Pelajaran yang telah disampaikan. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana pengaruh penggunaan Metode Discussion Group terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan? (2) Bagaimana pengaruh penerapan Metode Discussion Group terhadap hasil belajar sswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di MTs Darussalam Kademangan. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian yakni siswa kelas VIII MTs Darussalam Kademangan. Sampel yang digunakan yakni 52 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah angket dan tes. Sedangkan untuk mengukur keduanya menggunakan uji instrument validitas dan rehabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil dari penelitian yang dilakukan di MTs Darussalam Kademangan mulai tanggal 25 samapai 30 April 2024 adalah sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Discussion Group terhadap motivasi belajar. Hal ini di buktikan dengan hasil uji T-test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,001, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan0.001 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Discussion Group terhadap hasil belajar. Hal ini di buktikan dengan hasil uji T-test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan0.000 < 0,05 maka Ho di tolak dan Ha diterima.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 126209201004 HAYYINA WINDA TSANIYA |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:26 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:26 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50188 |
Actions (login required)
View Item |